Pendidikan

SMK Penerbangan Cakra Nusantara Siap MPLS Online

DENPASAR (BaliPolitika.Com)- Pelaksanaan tatanan kehidupan era baru alias new normal juga merambah ranah pendidikan. Menyikapi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun Ajaran 2020/2021, khususnya sekolah jenjang menengah, SMK Penerbangan Cakra Nusantara telah melakukan persiapan mengacu protokol kesehatan. MPLS tahun ajaran 2020/2021 di sekolah yang beralamat di Jalan Tukad Pakerisan No. 25 Panjer, Denpasar Selatan akan digelar secara online. Dilaksanakan selama 3 hari sesuai kalender pendidikan kemudian dilanjutkan dengan teaching factory (tefa) pada 3 hari berikutnya, yakni 13-18 Juli 2020.

I Kadek Febry Saputra, S.Pd., Plt.Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan mengatakan MPLS online SMK Penerbangan Cakra Nusantara akan diisi serangkaian tes. Mencakup penjurusan, tindakan preventif Covid-19, gaya belajar, angket belajar daring, pengenalan manajemen dan guru pengajar. “MPLS wajib diikuti peserta didik baru, guna membantu mereka untuk lebih mengenal keadaan sekolah dan teman seangkatannya,” ucap Febry. Imbuhnya, selain pengenalan sekolah, SMK Penerbangan Cakra Nusantara juga melaksanakan teaching factory (tefa) berupa pelatihan tambahan mengenai bahaya narkoba, pertolongan pertama, dan hal-hal dasar yang bermanfaat di kehidupan sehari-hari bagi peserta didik.

“Kami bekerjasama dengan Lembaga Diklat Profesi (LDP) Indonesia Emas yang akan memberikan materi serta sertifikat kepada peserta didik baru SMK Penerbangan Cakra Nusantara”, tegasnya. Febry menambahkan pihaknya siap menjalankan pola pembelajaran baru “Belajar dari Rumah” (BDR) lewat pembelajaran jarak jauh. Metode ini dibagi dalam dua pendekatan, yaitu pembelajaran jarak jauh dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring). “Untuk media pembelajaran jarak jauh daring, sekolah menggunakan laman E-learning yang sekolah siapkan tidak hanya saat pandemi namun sejak sekolah ini berdiri,” ungkapnya optimis.

Terkait metode pembelajaran jarak jauh secara luring, SMK Penerbangan Cakra Nusantara sedang menyiapkan pembelajaran melalui Aplikasi Televisi Sekolah, yakni Skacatra Tv (SCTA TV). Menariknya aplikasi ini segera dapat diunduh di Playstore. SCTA TV ini memfasilitasi taruna-taruni (siswa, red) untuk belajar jarak jauh agar tetap mendapatkan hak belajar di tengah pandemi.

“Kami sangat siap melaksanakan pola pendidikan sesuai Surat Edaran Mendikbud, yakni dengan pembelajaran daring dan luring. Di tengah pandemi ini, kami tidak hilang akal dalam memberikan fasilitas-fasilitas belajar bagi taruna-taruni kami,” imbuh Ni Luh Gede Dhanayasa, M.Pd., Waka Kurikulum. Terangnya, selain fasilitas yang mumpuni, seluruh pengelola manajemen SMK Penerbangan Cakra Nusantara beserta guru produktif telah tersertifikasi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Tak hanya pengelolanya, seluruh peserta didik setelah lulus memperoleh sertifikasi BNSP. Mencakup sertifikasi komputer, Bahasa Inggris, serta sertifikasi sesuai dengan kompetensi keahliannya seperti Ticketing and Reservation, Fluid Power, Kelistrikan, Human Factor and Safety Management System.

Jurusan yang tersedia mencakup Otomatisasi dan Tatakelola Perkantoran (bandara), Pemeliharaan dan Perbaikan Motor dan Rangka Pesawat Udara (Airframe Power Plant), Pemeliharaan dan Perbaikan Instrumen Elektronika Pesawat Udara (Electrical Avionics) serta Teknik Transmisi dan Telekomunikasi. Tunggu apa lagi? Mari sukses bersama kami. Daftar dari rumah hubungi di 081237098090. Juga dapat diakses via website www.ppdbsmkpenerbangan.com. (bp)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
You cannot copy content of this page
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker