Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Wisata

Libur Panjang, Kebun Raya Bali Banjir Turis Domestik

PADAT PENGUNJUNG: Kebun Raya Bali, Salah Satu Destinasi Wisata yang Dipadati Pengunjung saat Libur Panjang 

 

TABANAN Balipolitika.com- Sejumlah objek wisata di Pulau Bali banjir turis domestik selama libur panjang Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW dan Tahun Baru Imlek, atau bisa disebut libur long weekend. Tidak hanya destinasi wisata pantai, danau dan kebun binatang yang menjadi rujukan wisatawan lokal, tetapi juga kebun raya. Salah satunya Kebun Raya Bali yang berlokasi di Bedugul, Kabupaten Tabanan.

Berdasarkan data pada 2023, rata-rata jumlah kunjungan per hari mencapai sekitar 1.000 orang untuk hari biasa dan melonjak hingga 3.000 orang saat akhir pekan. Jumlah kunjungan tertinggi tercatat mencapai 11 ribu orang pada perayaan tahun baru 2024. Pencapaian itu melesat dibandingkan momentum akhir tahun 2022 mencapai 3.000 pengunjung dalam sehari, saat akhir pekan. Oleh karena itu, pengelola Kebun Raya Bali menambah loket tiket dari dua menjadi tiga unit. “Letak loket tiket berada di jalur masuk mobil dan skema (penambahan loket) berlaku untuk empat hari berturut-turut dalam minggu ini,” jelas General Manager Kebun Raya Bali Tito Triputra di Tabanan, Bali, Jumat 9 Februari 2024.

Harga tiket masuk per orang ke kebun raya yang berada di bawah pengelolaan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) itu mencapai Rp 15.500 untuk hari biasa dan Rp 25.500 untuk akhir pekan dan libur nasional. Tidak hanya loket tiket, lokasi penyewaan fasilitas seperti sepeda anak, sepeda listrik, dan mainan anak juga ditambah. Hal ini untuk memudahkan pengunjung menikmati keindahan bentang alam kebun raya seluas 157,5 hektare itu. Selain fasilitas, akses mobil di dalam Kebun Raya Bali juga diperbolehkan. Bagi pengunjung yang ingin membawa hewan peliharaan ke dalam area kebun raya untuk menambah kegembiraan juga diperbolehkan dengan pengawasan dari pemilik. (dp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!