Pemerintahan

Adi Arnawa Ajak Generasi Muda Gelorakan Semangat Puputan

INGAT SEJARAH: Sekda Badung Adi Arnawa selaku inspektur upacara saat serah terima panji-panji surat sakti Pahlawan Nasional Brigjen TNI (Anumerta) I Gusti Ngurah Rai di Jaba Pura Lingga Bhuwana Puspem Badung, Jumat, 18 November 2022.

 

MANGUPURA, Balipolitika.com Sekretaris Daerah Wayan Adi Arnawa bertindak selaku inspektur upacara serah terima panji-panji surat sakti pahlawan nasional Brigjen TNI (Anumerta) I Gusti Ngurah Rai di Kabupaten Badung tahun 2022 di Jaba Pura Lingga Bhuwana Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung, Jumat, 18 November 2022.

Upacara ini turut dihadiri oleh Ketua Panitia Beserta Anggota Tim Juri Napak Tilas Jejak Pahlawan Nasional Provinsi Bali, Sekda Kota Denpasar IB Alit Wiradana, anggota DPRD Kabupaten Badung I Gusti Ayu Agung Inda Trimafo Yudha, Ketua Markas Daerah LVRI beserta sesepuh veteran pejuang Kabupaten Badung.

“Puputan Margarana merupakan peristiwa heroik yang dialami masyarakat Bali dan menjadi tolok ukur sejarah perlawanan rakyat Bali terhadap penjajah dalam mendirikan Negara Republik Indonesia. Masyarakat yang hidup dalam revolusi fisik perjuangan kemerdekaan sangat merasakan penderitaan dan pahit getirnya dijajah oleh bangsa lain. Dengan semangat persatuan, kegigihan dan pantang menyerah, para kusuma bangsa kita, yang hanya berbekalkan senjata tradisional seperti, bambu runcing, keris dan tombak, serta beberapa pucuk senjata, mampu menunjukkan jati dirinya kepada dunia internasional. Sejarah dunia pun mencatat, betapa gigih, perkasa dan ksatrianya para pejuang kita, dalam menghadapi musuh dan mengusir para penjajah dari muka bumi tanah sunda kecil yang kita cintai ini,” ucap Sekda Adi Arnawa.

Imbuhnya, kemerdekaan diraih dan dinikmati sekarang ini ditebus dengan tetesan darah, jiwa raga, dan tetesan air mata.

“Sebagaimana diketahui, kita semua merupakan pewaris kemerdekaan, dan penerus cita-cita pahlawan kusuma bangsa. Berbekal semangat puputan dan pantang menyerah, kita ingin menunjukkan kesejatian sebagai pembela bangsa untuk terus menerus menggali potensi diri untuk bersama-sama membangun demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker