Politik

Visi Misi Panji-Budi: Jujur, Profesional, Kerja Keras

Disampaikan dalam Debat Perdana, 22 November 2020

Yang Terhormat Ketua KPU beserta anggota KPU Tabanan,

Yang Terhormat Ketua Bawaslu Tabanan beserta jajaran,

Para Panelis yang kami hormati, Tim Pemenangan dan Relawan Panji Budi,

Serta tidak lupa kami sapa sahabat kami, Bapak Komang Sanjaya dan Bapak Edi Wirawan.

Om Swastyastu,

Assalamuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam Sejahtera untuk kita semua.

Masyarakat Tabanan yang kami cintai, hampir dua dekade Tabanan tidak menunjukkan perkembangan yang menggembirakan. Tabanan yang dahulu dikenal sebagai Lumbung Padinya Bali, kini sudah tidak lagi menyandang gelar terhormat tersebut. Tabanan yang dahulu dikenal sebagai kota pelajar yang indah dan bersih, kini sudah tidak jelas lagi arah pembangunananya. Tabanan dengan potensi alam, air, sawah, dan tanah yang subur ternyata tidak memberikan kemakmuran untuk rakyatnya. Tabanan justru sekarang dikenal sebagai daerah dengan infrastruktur yang tidak memuaskan. Untuk itu, PANJI BUDI hadir karena kegelisahan hati seluruh rakyat Tabanan. Sebagai jawaban kerinduan rakyat akan hadirnya pemimpin yang mengabdi penuh untuk kesejahteraan dan kemajuan masyarakat.

PANJI BUDI mengusung visi besar, yakni Ngardi Loka Hita Tabanan. Mewujudkan Tatanan Baru, Tabanan Maju dengan berlandaskan Tri Hita Karana. Visi ini akan kami laksanakan dengan moto jujur, profesional, dan kerja keras.

PANJI BUDI mengusung misi sebagai berikut. Pertama, mewujudkan pemerintahan yang bersih, transparan, akuntabel dengan penerapan teknologi informasi dan komunikasi. Kedua, mewujudkan kesejahteraan masyarakat di atas fundamental perekonomian Kabupaten Tabanan yang berbasis budaya dan pertanian. Ketiga, mewujudkan pendidikan yang berkualitas berbasis kekuatan karakter, nilai keunggulan kemajuan, dan kearifan lokal. Keempat, memastikan jaminan kesehatan masyarakat yang terjangkau, merata, adil, dan berkualitas.

Kelima, pelembagaan tatanan baru berbasis adaptasi dan mitigasi dalam upaya menanggulangi wabah dan perubahan iklim. Keenam, membangun infrastruktur dan daya dukung bagi kemajuan Kabupaten Tabanan. Ketujuh, membangun dan mengembangkan pusat-pusat perekonomian baru dengan memberdayakan UMKM dan sumber daya lokal krama Bali dengan berbasis teknologi informasi. Kedelapan, mewujudkan sumber daya manusia unggul, berdaya saing tinggi, dan berkarakter dengan menciptakan ruang-ruang kreatif untuk menumbuhkan daya saing generasi muda Tabanan. Kesembilan, meningkatkan peran Desa Adat dalam mengayomi kehidupan sosial, agama, dan budaya di Kabupaten Tabanan

Melalui visi ini, kami telah merancang program unggulan yang sesuai dengan indikator kesejahteraan masyarakat, yakni kependudukan, kesehatan, pendidikan, ketenagakerjaan, pengeluaran konsumsi, perumahan, lingkungan, dan sosial budaya.

Adapun program unggulan yang akan kami wujudkan sebagai berikut. Pertama, penerapan teknologi informasi dan komunikasi di dalam manajemen pemerintahan, keuangan, dan pendapatan daerah, seperti E-budgeting, E-planning, dan E-government. Kedua, manajemen sumber daya alam, pertanian modern yang terintegrasi dan berorientasi pasar. Ketiga, peningkatan kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan dengan menyediakan sarana dan prasarana pendidikan berbasis teknologi informasi yang andal. Keempat, menyediakan dukungan sumber daya untuk mewujudkan jaminan kesehatan masyarakat Tabanan yang berkualitas dan merata.

Kelima, mempercepat penyesuaian dan usaha penanggulangan wabah dengan membangun sinergi antara pemerintah, masyarakat (desa adat), penyediaan sumber daya, dengan tata laksana yang terukur. Keenam, memperjuangkan skala prioritas dan dukungan anggaran untuk membangun infrastruktur dengan meningkatkan komunikasi kelembagaan antara pemerintah kabupaten, provinsi, dan pusat. Ketujuh, memfasilitasi akses modal dan pemasaran bagi UMKM dan industri kreatif di Kabupaten Tabanan.

Kedelapan, mengembangkan sekolah vokasional untuk meningkatkan daya saing sumber daya manusia Tabanan untuk masuk dalam dunia kerja dan membangun kerjasama antara pemerintah dan swasta. Kesembilan, mengembangkan kapasitas kelembagaan desa adat dan subak agar dapat membuka akses-akses sumber daya pembangunan. Kesepuluh, penataan ulang Kota Tabanan yang berwawasan budaya untuk mendukung pengembangan pariwisata. Kesebelas, pengembalian Catus Pata Kediri dalam tatanan spiritualnya serta menempatkan patung Ir. Soekarno di tempat yang lebih representatif

Data menunjukkan masyarakat Kabupaten Tabanan adalah masyarakat pekerja keras yang religius yang sangat mengutamakan pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan. Kami sangat yakin, seluruh rakyat Tabanan merindukan adanya perubahan di Tabanan. Dengan visi misi dan program kerja yang kami tawarkan, dengan tekat pengabdian yang kami miliki, kami yakin PANJI BUDI bisa mewujudkan masyarakat yang lebih Mmju dan sejahtera.

Demikian visi, misi dan program unggulan ini kami sampaikan, kami ucapkan terima kasih. Kami akhiri dengan parama shanti.

OM SHANTI SHANTI SHANTI OM.

Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Tabanan Nomor Urut 2

Anak Agung Ngurah Panji Astika – I Dewa Nyoman Budiasa.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
You cannot copy content of this page
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker