Pemerintahan

TP-PKK Makassar Apresiasi Prestasi TP-PKK Kota Denpasar

DENPASAR, Balipolitika.Com – PKK Kota Makassar dipimpin Ketua TP-PKK Kota Makassar, Br. Hj. Rossy Timur Wahyuningsih mengunjungi Kota Denpasar. Kunjungan tersebut disambut hangat Ketua TP-PKK Kota Denpasar, I.A Selly Mantra didampingi Sekretaris PKK- Kota Denpasar, Ni Nyoman Sri Utari.

Selly Mantra mengucapkan terima kasih atas kepercayaan TP-PKK Kota Makassar mengunjungi Kota Denpasar. Istri Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra itu berbagi informasi tentang penerapan 10 program pokok PKK Kota Denpasar yang dititikberatkan pada pemberdayaan masyarakat melalui penguatan keluarga.

Ungkapnya, penguatan kualitas keluarga diwujudkan melalui pelatihan keterampilan dan pengembangan kelompok Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK. Sementara itu, penguatan keluarga melalui ketahanan pangan keluarga dilakukan melalui program HATINYA (Halaman, Asri, Teratur, Indah, dan Nyaman) PKK dengan membentuk lokus di masing- masing desa atau kelurahan yang disinergikan dengan Kelompok Wanita Tani (KWT) dan Rumah Pangan Keluarga.

Selly Mantra menyebut peningkatan taraf kesehatan masyarakat dilakukan melalui berbagai bentuk sosialisasi dan penerapan perilaku hidup bersih sehat keluarga, pelaksanaan posyandu terpadu, serta memantapkan keluarga sadar gizi (Kadarzi) sebagai upaya menurunkan balita gizi buruk dan menurunkan angka stunting (balita pendek).

Pelaksanaan IVA Test sebagai bentuk perencanaan sehat dilakukan secara berjenjang dan berkelanjutan melalui sinergi Pokja IV PKK Kota Denpasar. Di masa pandemi Covid-19, tetap dilaksanakan berbagai bentuk pemberdayaan masyarakat secara virtual dan mengedukasi masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Berbagai bentuk inovasi terus kami upayakan dalam menerapkan 10 program pokok PKK. Dalam menjalankan tertib administrasi, kami melakukan penyeragaman administrasi melalui program TP-PKK Cerdas dan Tanggap Teknologi dengan membentuk sistem administrasi “SI Cantik” (Sistem Informasi Catatan Keluarga). Kami telah menyediakan layanan edukasi dan sosialisasi terpadu melalui “SIMELING CERIA”(Sistem Mobil Konseling Cerita dan Curhat Kita),” jelasnya.

Imbuh Selly Mantra di masa pandemi Covid-19, TP PKK Kota Denpasar juga membentuk ketahanan pangan melalui kegiatan berbagi aneka tanaman pangan dan hortikultura untuk masyarakat. Inovasi “Cek Tetangga Sebelah” yang memposisikan masyarakat untuk berperan aktif mnenyelesaikan masalah di kelompok dasawisma juga dimaksimalkan.

Tak hanya itu, berbagai lomba diikuti TP-PKK Kota Denpasar. Penghargaan tingkat nasional pun berhasil dikoleksi. “Kami menyambut baik kunjungan kerja dari TP-PKK Kota Makassar sebagai ajang tukar pikiran untuk saling mengenal, baik penyelasaian masalah, potensi, serta kiat-kiat masing-masing kota dalam memantapkan pelaksanaan 10 program pokok PKK,” ujar Selly Mantra.

Di sisi lain, Ketua TP-PKK Kota Makassar, Br. Hj. Rossy Timur Wahyuningsih mengapresiasi capaian yang diraih TP-PKK Kota Denpasar. Ungkapnya, prestasi itu diraih berkat kerjasama erat dan terpadu antar seluruh pihak dari tingkat desa dan kelurahan hingga kecamatan. “Tentunya kunjungan ke Kota Denpasar kali ini akan kami manfaatkan sebagai ajang belajar serta bertukar pikiran dengan tim TP-PKK Kota Denpasar sebagai bekal kami dalam memantapkan pelaksanaan 10 program pokok PKK,” ujarnya. (bp)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
You cannot copy content of this page
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker