Pemerintahan

Tolak Garam Lokal, Koster: Akan Saya Panggil

DUKUNG UMKM LOKAL: Gubernur Bali Wayan Koster mempertegas posisi gram lokal di Bali.

 

KARANGASEM, BaliPolitika.Com- Gubernur Bali Wayan Koster ucapkan terima kasih kepada  Bank BPD Bali yang telah memberikan bantuan modal Rp 10 juta bagi pelaku usaha garam tradisional lokal Bali. Hal ini disampaikan dalam acara penyerahan kredit Mesari pada klaster pangan Bank BPD Bali untuk mendukung penerapan Peraturan Gubernur Bali Nomor 99 Tahun 2018 tentang Pemasaran dan Pemanfaatan Produk Pertanian, Perikanan dan Industri Lokal, serta Surat Edaran Gubernur No. 17 Tahun 2021 tentang pemanfaatan produk garam Tradisional Lokal Bali, Rabu, Buda Umanis, Julungwangi, (27/10) di Amed, Purwakerthi, Karangasem.

Dalam acara yang dihadiri Bupati Karangasem, Gede Dana itu, Gubernur Koster menegaskan pentingnya mensyukuri potensi alam Bali. Agar petani garam terorganisir, diharapkan bisa membentuk lembaga seperti koperasi UMKM. Termasuk pendampingan untuk produksi garam. “Di Buleleng ada Balai Besar Riset Budidaya Laut dan Penyuluhan Perikanan di Dusun Gondol, Gerokgak bisa didatangkan untuk mengedukasi, atau bisa menggunakan ahli dari Unud ataupun Undiksha yang memiliki program studi kelautan. Supaya ilmunya itu diterapkan di masyarakat,” pintanya.

Gubernur Koster juga meminta pasar modern di Bali ikut serta memasarkan garam petani. “Kalau ada pelaku usaha modern yang menolak, akan saya panggil. Karena hidup berusaha di Bali, harus saling menghidupi. Jangan mau hidup sendiri dan harusnya jual produk lokal kita,” tegasnya.

Para Bupati/Walikota se-Bali juga harus menjaga, melindungi sentra-sentra garam di pesisir pantai. Jangan didesak oleh bangunan-bangunan di sekelilingnya. “Di wilayah-wilayah sentra garam, batasi perijinan untuk pembangunan di luar itu, supaya produksi garam berkembang. Jangan juga dibangun villa di wilayah sentra garam. Nanti lama kelamaan mati sentra garam Kita,” tegasnya. (bp)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
You cannot copy content of this page
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker