Politik

“Titip Diri” Pada Masyarakat, Ini 15 Program Unggulan Padi

TABANAN, BaliPolitika.Com– Semangat menyongsong perubahan menuju “Tatanan Baru Tabanan Maju” kian menggelora di sanubari masyarakat kabupaten eks Lumbung Beras Bali. Merespons kondisi tersebut, Calon Wakil Bupati Tabanan, I Dewa Nyoman Budiasa mengakui bahwa dirinya dan Calon Bupati Tabanan Anak Agung Ngurah Panji Astika tidak berarti apa-apa tanpa masyarakat Tabanan. Oleh sebab itu, perjuangan untuk mendapatkan hak-hak yang layak bagi masyarakat Tabanan hanya akan terwujud bila Padi (Panji-Budi) mendapat restu dari pemegang kedaulatan tertinggi di Negara Kesatuan Republik Indonesia, yakni masyarakat.

Bersama relawan Padi yang berjuang menyongsong perubahan di segala lini kehidupan, Dewa Budiasa, Senin (19/10) mengaku menitipkan dirinya kepada masyarakat. “Kami, Panji-Budi adalah milik masyarakat Tabanan. Dukung kami bila benar dan kritik kami saat salah. Dalam perjuangan kami dalam rangka mendapatkan hak-hak yang layak untuk seluruh masyarakat Tabanan, kami tidak ada artinya tanpa dukungan Anda-Anda sekalian. Apa yang ada di Tabanan adalah milik kita bersama. Mari berjuang bersama,” ucap Dewa Budiasa yang kini dipercaya sebagai Sekretaris Jenderal Kesatuan Pelaut Indonesia (KPI) alias General Secretary of The Indonesian Seafares Union.

Dalam rangka mengembalikan harkat dan martabat Tabanan serta menyejahterakan masyarakat, Dewa Budiasa merinci pasangan calon Padi nomor urut 2 yang mengikuti kontestasi Pilkada Tabanan 2020 memiliki 15 program unggulan.

  1. PEMERINTAHAN BERSIH DAN TRANSPARAN

Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang anti dan bebas KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme) dengan menerapkan sistem e-Government, e-Planning, e-Budgeting, e-Ticketing. Padi juga menyediakan (membuka) layanan sistem pengaduan online yang terintegrasi di semua lini departemen yang ada dalam pemerintahan Tabanan.

  1. KARTU TABANAN SEHAT

Menyiapkan 50.000 kartu Tabanan sehat di tahun pertama untuk menjamin kesehatan masyarakat Tabanan yang tidak tercover BPJS. Jaminan kesehatan para Sulinggih, Pemangku Kahyangan Tiga, Kahyangan Jagad, dan Sad Kahyangan.

  1. MENUNTASKAN INFRASTRUKTUR

Jalan-jalan yang rusak diperbaiki. Termasuk semua akses penghubung yang belum tersentuh sama sekali dalam estimasi waktu minimal 4 tahun dengan memprioritaskan jalan-jalan di pedesaan sebagai sarana penghubung distribusi hasil pertanian sehingga lebih efektif dan efisien, baik dari segi waktu dan biaya.

  1. PERTANIAN TERINTEGRASI

Memperbaiki infrastruktur subak dan sistem pengairan. Mengaktifkan kembali asuransi pertanian, membangun industri pasca panen, pasar induk pertanian, memproteksi dan menjamin harga pokok pertanian dan membuat badan sertifikasi produk organik pertanian Tabanan.

  1. PENDIDIKAN

Meniadakan biaya-biaya yang tidak perlu dan tidak jelas arah guna dan peruntukannya. Biaya-biaya di luar dana BOS, seperti sumbangan Komite Sekolah), mencantumkan muatan lokal dalam kurikulum pendidikan PAUD, SD, SMP dan SMA.

  1. JARINGAN INVESTASI

Membangun sistem networking investasi industri pasca panen serta bisnis pertanian untuk membuka sebanyak-banyaknya lapangan kerja bagi generasi muda Tabanan. Memberikan stimulus dan pelatihan serta pendampingan UMKM guna meningkatkan daya saing pengusaha pemula.

  1. LAPANGAN KERJA

Mempermudah pengiriman tenaga kerja ke luar negeri melalui kerja sama antara pemerintah daerah dan pengguna tenaga kerja.

  1. MARKET PLACE

Menyediakan Pasar Digital atau E-Market Place untuk menopang UMKM dan industri kreatif di Tabanan.

  1. FASILITAS PARIWISATA

Membangun destinasi wisata baru berbasis budaya dan pertanian serta mengembangkan fasilitas penunjang wisata di kawasan pariwisata Tabanan.

  1. PENGUATAN DESA ADAT

Meningkatkan dan memperluas kapasitas kelembagaan untuk mengakses sumber sumber ekonomi pembangunan.

  1. MENATA KAWASAN PERKOTAAN TABANAN

Mengembangkan kawasan perkotaan Tabanan yang modern dan memiliki identitas yang berwawasan budaya.

  1. PENGOLAHAN SAMPAH

Membuat sistem pengolahan sampah Tabanan berbasis teknologi ramah lingkungan.

  1. SIMAKRAMA BERKALA

Mengadakan simakrama mingguan dan bulanan untuk merespons aspirasi masyarakat Tabanan.

  1. PENATAAN CATUS PATA KEDIRI

Mengembalikan patung WISNU MURTI di Catus Pata Kediri serta menempatkan patung Ir. Soekarno ke tempat yang lebih representatif dan layak.

  1. GENERASI MILENIAL

Menyediakan fasilitas pendukung seperti ruang untuk berkreasi seni, budaya, ide kreatif, digital centre dan olahraga bagi generasi milenial Tabanan untuk mengembangkan potensinya. (bp)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
You cannot copy content of this page
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker