Ekbis

Tingkatkan Ekspor, Bea Cukai Denpasar Gelar FGD

DENPASAR, BaliPolitika.Com- Beriringan dengan pelaksanaan percepatan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Bea Cukai Denpasar terus berupaya meningkatkan ekspor melalui semua lini perekonomian termasuk UMKM. Upaya ini memerlukan dukungan dan asistensi dari berbagai pihak agar proses bisnis pelaku usaha dapat berjalan dengan lancar. Untuk itu, melalui Forum Group Discussion yang diselenggarakan secara online melalui Aplikasi Zoom, BC Denpasar mengundang Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, LPEI (Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia) di Provinsi, Dinas Perdagangan dan Perindustrian dan Dinas Koperasi dan UKM di kabupaten se-Bali.

Dibuka dan dimoderatori Kepala Bea Cukai Denpasar, Kusuma Santi membahas Penggalian Komoditas Potensi Ekspor dan Potensi Pembukaan Pasar Ekspor, Utilisasi FTA (Free Trade Agreement) atau penjanjian perdagangan bebas untuk masuk ke negara-negara tujuan dan pembiayaan ekspor bagi UMKM dan pelaku usaha. Kusuma Santi mengulas proses alur bisnis ekspor di bawah bea cukai serta syarat dan kelengkapan yang diperlukan berupa perizinan dari pihak terkait. Perizinan ini salah satunya merupakan Surat Keterangan Asal (SKA) yang dapat diurus pada dinas perdagangan dan perindustrian.

Bersama LPEI, Bea Cukai Denpasar secara khusus membuka peluang ekspor ke negara-negara tujuan komoditas Bali. Diharapkan sinergi ditingkatkan dalam membantu UMKM. “Apabila ada komoditi UMKM yang diminati dan berpeluang ekspor akan diberikan asistensi oleh Bea Cukai Denpasar dengan fasilitas layanan KLInIK Ekspornya dan bantuan pembiayaan oleh LPEI/Indonesia Eximbank maupun Bank Indonesia. Sinergi bersama memajukan UMKM Bali bersaing di pasar global,” ucap Kusuma Santi. (bp)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
You cannot copy content of this page
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker