Pariwisata

Tenganan Pegringsingan Desa Wisata Terbaik Nasional

THE SPIRIT OF BALI: Bupati Karangasem, I Gede Dana terima penghargaan Trisakti Tourism Award 2021 di Jakarta, Kamis (26/8/2021).

 

JAKARTA, BaliPolitika.Com– Kabupaten Karangasem menerima langsung penghargaan atas dinobatkannya salah satu destinasi wisata unggulan Bumi Lahar sebagai desa wisata terbaik Trisakti Tourism Award 2021. Ajang bergengsi ini menganugerahkan Desa Tenganan Pegringsingan sebagai terbaik 1 nasional dalam kategori Desa Wisata Budaya. Penghargaan itu direrima Bupati Karangasem Gede Dana di Jakarta, Kamis (26/8/2021). 

Raihan itu membuat Gede Dana tertantang mengembangkan desa wisata di Karangasem. Tidak hanya satu, Gede Dana berharap dalam ajang yang sama tahun depan, 22 desa wisata Karangasem meraih prestasi di semua kategori.

“Kita harus menjaga, melestarikan, dan mendukung desa wisata ini. Ini baru satu desa yang kita bisa menjuarai. Inginnya kita 22 desa wisata juga mampu bersaing. Selanjutnya kita akan fokus dan lakukan pembinaan kepada desa lainnya untuk mengemas potensi di desanya masing-masing dengan baik sehingga mampu menarik perhatian dunia pariwisata,” ungkapnya.

Anugerah desa wisata budaya terbaik ini diperoleh setelah melalui seleksi penilaian yang ketat oleh dewan juri Trisakti Tourism Award yang diketuai Sapta Nirwandar. Dewan juri juga melakukan verifikasi lapangan secara langsung ke lokasi Desa Wisata Tenganan Pegringsingan. Setelah melalui proses penilaian yang panjang tersebut, akhirnya dewan juri menobatkan Desa Tenganan Pegringsingan sebagai yang terbaik tingkat nasional.

Dewan juri yang diketuai Sapta Nirwandar bersama dewan juri lainnya menyampaikan bahwa keputusan ini telah melalui kajian dan analisis dari berbagai aspek terkait. Deretan nama besar lainnya sebagai dewan juri di antaranya Rahayu Setyowati (Ketua Asosiasi Jasa Boga Indonesia), Ayu Dyah Pasha, David Makes (Founder Plataran Menjangan), Prof. Dr. Ir. Giyatmi, M.Si, Abdullah Azwar Anas (Mantan Bupati Banyuwangi), dan Chef Vindex Tengker.

Kompetisi Trisakti Tourism Award tahun 2021 dengan Tema Desa Wisata ini diikuti oleh 242 Daerah Kabupaten/Kota di Indonesia. Terdapat empat kategori Desa Wisata yang dilombakan, yaitu Kategori Desa Wisata Alam, Desa Wisata Budaya, Desa Wisata Kreatif, dan Desa Wisata Berbasis Kuliner. (bp)

 

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
You cannot copy content of this page
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker