Pemerintahan

Tanpa Kecuali, Kaya-Miskin Dapat BLT PPKM Darurat Badung

Di Luar PKH, BPNT, BST, BLT DD

BUPATI BARES: Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta tegaskan semua warga Badung di luar penerima bantuan pemerintah pusat mendapat BLT APBD Badung senilai Rp 300 ribu per KK.

 

BADUNG, BaliPolitika.Com- Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta tuntas menyerahkan secara simbolis Bantuan Langsung Tunai (BLT) PPKM Darurat Badung tahap 1 dan 2 kepada masyarakat. Sebagai wujud diskresi atau tindakan yang ditetapkan oleh pejabat pemerintah untuk mengatasi persoalan konkret masyarakat, Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Badung itu me-launching penyerahan BLT untuk Kecamatan Kuta Utara, Kuta, dan Kuta Selatan di Wantilan Pura Dalem Dalung, Wantilan Pura Desa Kelan, dan Wantilan Desa Adat Pecatu, Rabu (21/7/2021). 

Meski demikian, banyak warga non penerima bansos pemerintah pusat ngedumel belum menerima BLT APBD Badung. Secara terang-terangan keraguan masyarakat itu dijawab di Wantilan Pura Dalem Dalung, Rabu (21/7/2021). Pada kesempatan itu Bupati Giri Prasta menyampaikan bahwa pihaknya sudah melakukan pendataan dengan baik, di 46 desa dan 16 kelurahan yang ada di Badung. Semua perbekel dan lurah ungkapnya sudah melakukan validasi data yang disinergikan dengan data dari dukcapil Badung. Sehingga ada 98.830 KK Badung yang masuk dalam kategori penerima bantuan langsung tunai yang bersumber dari APBD Kabupaten Badung di luar Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Bantuan Sosial Tunai (BST) dan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLTDD) yang digelontorkan oleh pemerintah pusat.

“Sederhananya begini, misal Banjar A berapa mendapatkan bantuan dari kemensos, baik itu PKH, BPNT, BST. Ada pula bantuan BLT DD yang disalurkan Kemendes. Nah, di luar semua bantuan dari Kemensos dan Kemendes, semua warga Badung itu dapat BLT murni dari APBD Kabupaten Badung. Tidak terkecuali semua KK dapat. Urusan untuk nantinya ada yang mengembalikan karena sudah merasa mampu diberikan kepada yang lebih membutuhkan itu luar biasa sekali,” ungkap Giri Prasta namun tidak menjelaskan kapan BLT Rp 300 ribu bagi 98.830 KK (senilai Rp 29.649.000.000, red) ditambah warga yang tercecer akan cair. 

Hadir dalam pembagian secara simbolis BLT PPKM Darurat Badung tahap 2 antara lain Wakil Ketua 1 DPRD Badung Wayan Suyasa dan Anggota DPRD Badung lainnya serta Inspektur Kabupaten Badung Ni Luh Suryaniti, Kadis Sosial Ketut Sudarsana, Kepala BPD Mangupura Perwakilan PT. BNI, Perwakilan PT Pos,Camat Kuta Utara, Perbekel Dalung, dan Bendesa Adat Dalung. (tim/bp)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
You cannot copy content of this page
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker