Pemerintahan

Suwirta Mantapkan Konsep Sampah Tuntas di Desa

SEMARAPURA, BaliPolitika.Com- Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta tidak henti-hentinya mengunjungi Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) Center di Dusun Karangdadi, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung. Kunjungan dilakukan untuk memastikan proses pengolahan sampah di Gumi Serombotan benar-benar berjalan maksimal. Bupati asal Nusa Ceningan itu melakukan pemantapan konsep sekaligus memotivasi semangat kerja karyawan TOSS Center.

Dalam arahannya, Bupati Suwirta memberikan beberapa penugasan langsung kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Kabupaten Klungkung I Ketut Suadnyana beserta jajaran. Antara lain agar konsep perencanaan pengembangan TOSS Center dimatangkan. Termasuk melakukan penataan tempat dan alur kerja serta pengoptimalan tenaga kerja yang terlibat dalam pengolahan sampah.

“Terkait perencanaan pengembangan, bagaimana upaya TOSS Center ini nantinya dapat menjadi tempat percontohan dan pembelajaran dalam pengolahan sampah. Sehingga perlu digali potensi kerja sama dengan berbagai pihak dan perencanaan penganggaran yang baik,” ujar Bupati Suwirta.

Menurutnya penataan tempat penting dilakukan agar TOSS Center rapi, bersih, tertatur, dan mempunyai alur kerja yang baik. Tetap harus bersih walaupun TOSS Centre adalah tempat mengolah sampah. “Begitu pula dengan semangat dan motivasi juga harus diberikan kepada seluruh karyawan sehingga muncul ketulusan dan disiplin kerja,” tegasnya.

Mengenai perhatian terhadap keselamatan kerja, Suwirta berjanji akan segera mengupayakan pelindung tangan dan seragam yang memadai. Demikian pula mengenai kesejahtaraan. Akan diupayakan melalui keberadaan koperasi. “Koperasi tidak akan mencari keuntungan, namun sebagai bagian upaya menuntaskan masalah sampah,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Kabupaten Klungkung I Ketut Suadnyana mengucapkan terima kasih kepada Bupati Suwirta yang tiada henti berkunjung untuk memotivasi para pekerja. Pihaknya mengaku akan mendukung secara penuh penugasan yang diberikan bupati sehingga TOSS Center ini benar-benar berjalan maksimal. Dengan TOSS Centre Klungkung diharapkan menjadi kota yang bersih dan sehat. (bp)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
You cannot copy content of this page
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker