Pemerintahan

Suwirta Dorong ASN Berjiwa Entrepreneur Birokrasi

SEMARAPURA, BaliPolitika.Com- Tingkatkan semangat dan tumbuhkan jiwa entrepreneur birokrasi untuk membangun Kabupaten Klungkung ke depan menjadi motivasi saat Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta. Hal itu diungkapkannya saat memimpin pengukuhan, pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Klungkung, Kamis (28/1). Seremonial di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kania, dengan protokol kesehatan ketat itu dihadiri Ketua DPRD Klungkung AA Gde Anom, Sekda I Gede Putu Winastra serta instansi OPD terkait.

Pelantikan mengacu Surat Keputusan Bupati Klungkung No. 821/74/BKPSDM/2021 tentang Pemberhentian, Pengangkatan, dan Pengukuhan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas di lingkungan Pemkab Klungkung. Pejabat yang dilantik dan diambil sumpahnya berjumlah 81 orang. Di antaranya  menyesuaikan dengan nama kelembagaan seperti Kepala Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat menjadi Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik yang dijabat I Gede Kusumajaya. Ada juga yang promosi dari kasi menjadi kabid dan promosi dari pelaksana (staf) manjadi kasubag maupun kasi.

Suwirta memberikan selamat kepada para ASN yang baru dilantik. Jabatan baru tegasnya merupakan amanah atau tugas yang harus dijawab dengan sebaik-baiknya sesuai sumpah dan janji. Sebagai pelayanan masyarakat, hal terpenting adalah bisa menyejahterakan masyarakat. “Jadi pikirkan kesejahteraan masyarakat kita. Di manapun dapat bertugas, harus bisa memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat,” ujarnya.

Ungkapnya, para pejabat juga dituntut mampu bekerja sama menjadi tim work yang baik sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo, yakni bisa bekerja dengan cepat, pasti, dan tidak ada ASN yang bermalas-malasan. Perda, Perbup maupun Peraturan Pusat harus dijalankan dengan baik dan menjadi garda terdepan di dalam memberikan contoh kepada masyarakat. Seperti misalnya Perda KTR maupun Peraturan Pusat tentang penerapan prokes di tengah masa pendemi. “Tumbuhkan jiwa entrepreneur dan harus punya jiwa yang optimis,” harapnya.

Suwirta juga berharap agar para ASN selalu menumbuhkan niat jujur di dalam mengelola dan memanfaatkan anggaran dengan baik. “Galakkan kembali spirit Gema Santi. Jangan ada yang suka protes, tetapi mari ikuti proses. Tetap jaga semangat yang tinggi dengan bekerja yang cerdas agar pembangunan pemerintahan di Klungkung bisa semakin maju,” tegasnya. (bp)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
You cannot copy content of this page
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker