humanisme

Sahabat Ganjar Borong Dagangan UMKM di Tabanan

RAKYAT BANTU RAKYAT: Salah satu barang dagangan UMKM yang diborong Sahabat Ganjar Tabanan sebelum dibagikan kepada masyarakat, Sabtu (11/9/2021).

 

TABANAN, BaliPolitika.Com– Sahabat Ganjar Tabanan bergerak turun menyambangi beberapa pelaku UMKM secara acak. Produk UMKM diborong dan dibagikan untuk warga yang dinilai membutuhkan. “Untuk aksi ini beberapa perwakilan saja turun dengan menyasar pasar tradisional maupun di emper dan membeli produk para pedagang kaki lima (UMKM). Yang disasar makanan, lebih fokus lagi seperti jajan pasaran serta alat pendukung prokes (protokol kesehatan, red),” jelas Koordinator Sahabat Ganjar Tabanan, I Gusti Ngurah Gede Suryawan, Sabtu,(11/9/2021).

Aksi peduli masyarakat kecil yang gigih berjuang di masa pandemi Covid-19 ini dilakukan serentak di seluruh DPW Provinsi dan DPC kabupaten/Kota Sahabat Ganjar se-Indonesia. Aksi tersebut diberi nama “Larisin Modalin Usaha Mikro se-Indonesia”. Gerakan kemanusiaan ini berlangsung di 51 titik yang tersebar di tanah air.

Suryawan menyebut aksi sosial ini bertujuan membangkitkan UMKM di masa pandemi. Upaya nyata yang dilakukan adalah dengan membeli produk UMKM kemudian memberikannya kepada masyarakat yang membutuhkan. “Tepat sasaran untuk membantu. Selanjutnya membagikan kembali ke rakyat. Kami sebagai perantara,” ujarnya.

Diakui aksi tersebut murni terinspirasi dari sepak terjang sosok Ganjar Pranowo yang begitu dekat dengan rakyat di masa sulit seperti saat ini. Aksi kemanusiaan ini diharapkan menular dan menginspirasi komunitas-komunitas lain, khususnya di Bali. “Kegiatan Bapak Ganjar sebagai percontohan. Setidaknya dengan melakukan hal tersebut akan ada perputaran perekonomi,” ucap Suryawan. Selain di Tabanan, aksi serupa juga dilakukan di Denpasar dan Badung. 

Usai deklarasi Sahabat Ganjar Provinsi Bali 8 Agustus 2021 lalu, bebernya telah terbentuk Sahabat Ganjar di seluruh kabupaten/kota se-Bali yang meliputi, Buleleng, Gianyar, Klungkung, Bangli, Denpasar, Karangasem, Tabanan, Jembrana dan Badung.

Ketua DPW Sahabat Ganjar Provinsi Bali, I Gusti Gede Arya Teja mengajak Sahabat Ganjar menggelar aksi kemanusiaan secara berkesinambungan sekaligus bergotong royong membangkitkan perekonomian di masa pandemi.

“Salah satu yang kami lakukan bersama teman-teman Relawan Sahabat Ganjar untuk menghidupkan kembali perekonomian adalah dengan cara memborong dagangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) milik pedagang kaki lima,” urainya.

Sebelumnya, aksi sosial digelar di 4 kabupaten, yakni Karangasem (19/8/2021), Bangli (26/8/2021), Jembrana (2/9/2021), dan Buleleng pada Kamis, (9/9/2021). “Setiap minggu kami gelar aksi pembagian paket sembako. Pengadaannya dihimpun dari intern anggota Sahabat Ganjar secara gotong royong,” tandas Arya Teja. (bp)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
You cannot copy content of this page
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker