Pendidikan

Rotary Bangun Pesan Perdamaian Lewat Gambar

JAGA HATI, JAGA DUNIA: Subimal De Joannon, the President of Sri Chinmoy Oneness menegaskan bahwa perdamaian dimulai dari diri sendiri. 

 

KUTA, BaliPolitika.Com- Persembahan istimewa disuguhkan Rotary Club (RC) di District 3420, khususnya RC Surabaja-Darmo, RC Surabaya Metropolitan, RC Bali Legian, RC Surabaya Central, RC Surabaya Selatan, RC Bali Dewi Sri, RC Semarang Kunthi, dan RC Surabaya Gubeng serangkaian HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76. Berkolaborasi dengan PEACE RUN, Rotary gelar lomba menggambar untuk siswa SD/SMP/SMA dengan tema Perdamaian (Peace Begins With Us). Acara ini mengusung tema Peace Drawing and Coloring for Our Future Generation.

Dari 7 area fokus kegiatan Rotary Club, perdamaian atau Peace and Conflict Prevention atau Resolution dinilai sangat fundamental. Menurut Presiden RC Surabaya Darmo, Subur Hariyono selaku klub penggagas Peace Drawing and Coloring for Our Future Generation mengatakan kedamaian harus dipupuk sejak dini demi kelangsungan umat manusia di masa-masa yang akan datang. 

“Pendidikan sejak dini untuk menanamkan rasa perdamaian dan menanamkan rasa perbedaan itu sebagai kekayaan adalah sangat penting,” ucapnya. 

Subimal De Joannon, the President of Sri Chinmoy Oneness, Home Peace Run Italy menyampaikan Peace Run sangat senang bisa bekerja sama dengan Rotary Club dalam project perdamaian ini. “Semoga kegiatan menggambar dengan tema perdamaian ini dapat menumbuhkan benih-benih perdamaian pada anak-anak,” harapnya.  

Peace Drawing and Coloring for Our Future Generation imbuhnya bertujuan untuk menanamkan benih perdamaian dan menyebarkan pesan perdamaian kepada anak-anak usia sekolah dan mengasah kreativitas anak. Khusus di Indonesia, kegiatan ini dilaksanakan di 8 lokasi berbeda, yaitu Surabaya, Sidoarjo, Probolinggo, Tulungagung, Malang, Semarang, Sunari Loka Bali dan Balilife Ungasan Bali. Jumlah peserta masing-masing lokasi sangat dibatasi sehubungan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Total 250 peserta yang berpartisipasi dalam acara yang dikemas 7-11 Agustus 2021 ini akan memanifestasikan pandangan mereka tentang upaya menciptakan perdamaian. Perdamaian diyakini akan muncul mulai dari diri kita sendiri. Visi inilah yang akan digambarkan oleh peserta dalam kegiatan ini. Selain dalam bentuk gambar peserta juga diminta menyampaikan pesan mereka secara lisan tentang bagaimana cara menciptakan dan menjaga perdamaian versi mereka masing-masing. Di setiap lokasi akan dipilih beberapa gambar karya terbaik untuk mendapatkan piala dan bingkisan serta karya terpilih akan diikutsertakan dalam pameran gambar anak-anak “Colors of Peace”di Roma Italia bulan September yang diselenggarakan untuk merayakan Hari Perdamaian Dunia. (rls/bp)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
You cannot copy content of this page
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker