Pemerintahan

Refocusing Covid-19 Disebut Turunkan Kualitas ASN

UPGRADE DIRI: Giri Prasta ikuti bimbingan Kemendagri dari Puspem Badung.

 

MANGUPURA, BaliPolitika.Com- Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Sipil Negara (ASN) dinilai merupakan kunci keberhasilan pencapaian tujuan organisasi. Demikian paparan virtual Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta di hadapan Widyaiswara Ahli Madya Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri Urkanus Sihombing selaku coach Pembimbing Pelaksanaan Penyusunan Rencana Aksi Bupati tahun 2021 dari Rumah Jabatan Bupati Badung, Selasa (15/6). Turut mendampingi Bupati, Wakil Bupati I Ketut Suiasa, Sekda Adi Arnawa, Kepala BKPSDM Gede Wijaya, Inspektur Luh Suryaniti, dan pejabat terkait di lingkungan Pemkab Badung.

Giri Prasta mengungkapkan rencana aksi ini sesuai dengan visi dan misi Presiden 2019-2024 tentang pembangunan SDM serta sejalan dengan visi dan misi Bupati Badung 2016-2021 pada misi ke-5, yaitu meningkatkan kualitas SDM yang berlandaskan pada penguatan pendidikan, kesehatan, dan perekonomian masyarakat.

“Desakan untuk meningkatkan kompetensi ASN terus meningkat secara eksternal globalisasi membutuhkan ASN yang profesional. Sedangkan secara internal kebijakan reformasi birokrasi juga menuntut peningkatan profesionalitas ASN,” ujar Bupati Giri Prasta sembari menyinggung UU No. 5 tahun 2014 tentang ASN tentang hak dan kesempatan untuk mengembangkan kompetensi. Sementara itu, PP. No 17 tahun 2020 yang mengamanatkan bahwa pengembangan kompetensi bagi setiap ASN dilakukan paling sedikit 20 jam pelajaran dalam satu tahun.

“Jumlah rata-rata jam pelajaran (jp) dalam mengikuti pengembangan kompetensi bagi ASN cenderung mengalami penurunan. Kondisi ini terjadi di seluruh instansi pemerintah sebagai dampak dari adanya refocusing anggaran untuk penanganan pandemik Covid-19,” ungkapnya. (rls/bp)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
You cannot copy content of this page
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker