Ekbis

Putri Koster Tegaskan Pemprov-Kadin Bali Satu Nafas Perjuangan

DENPASAR, BaliPolitika.Com-Tak hanya ingat pesan ibu, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Bali juga selalu ingat pesan Gubernur Bali Wayan Koster agar Pulau Dewata segera bangkit di masa pandemi Covid-19. Dengan sangat memperhatikan protokol kesehatan, yakni pakai masker, cuci tangan, jaga jarak, dan sejenisnya, Ketua Umum Kadin Bali, Made Ariandi menegaskan komitmen bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Bali, Sabtu (9/1/2021). Bersama jajarannya, Ariandi berbelanja di Pameran UMKM Bali Bangkit yang kembali digelar mulai tanggal 3-15 Januari 2021 di Art Centre Denpasar.

Tak sendiri, Kadin Bali mendampingi Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali, Ni Putu Putri Suastini Koster ditemui bercengkrama dengan para pelaku UMKM. Di lokasi yang sama, Pemerintah Provinsi Bali sebelumnya juga menggelar Pameran UMKM Bali Bangkit, 4-31 Desember 2020 untuk menggeliatkan kembali usaha mikro kecil dan menegah (UMKM) daerah setempat di tengah pandemi Covid-19. Pameran tersebut digelar untuk membangkitkan kembali geliat UMKM.

Apa yang bisa didorong dan disinergikan oleh Kadin Bali bersama Pemprov Bali, jelas Putri Suastini Koster secara teknis belum dibahas secara mendetail. Meski demikian, tidak bisa dipungkiri Pemprov dan Kadin Bali satu nafas perjuangan, baik sebelum maupun dalam kondisi pandemi seperti saat ini. Khusus di masa pandemi, sinergi penting demi Bali bangkit.

“Kadin ruang geraknya kan pengusaha. Pasti ada, apa yang bisa didorong oleh Kadin Bali ketika Dekranasda mengangkat dan menggeliatkan UMKM kita. Ke depan mungkin akan ada semacam MoU juga,” tegasnya.

Di sisi lain, Ariandi menekankan Bali sangat menggantungkan perekonomian dari sektor pariwisata. Ketika pariwisata terpuruk, maka sektor lain pun ikut terpuruk. Untuk membangkitkan kembali perekonomian Bali di tengah pandemi, maka dibutuhkan sinergi semua pihak. “Kita harus saling mendukung. Utamakan berbelanja di Bali, beli produk Bali, agar uang berputar di sini dan bisa dinikmati saudara-saudara kita pelaku UMKM yang luar biasa tetap optimis di masa pandemi,” ucap Ariandi.

Pentingnya sinergi Kadin Bali dan Pemprov Bali, imbuhnya dipertegas Gubernur Bali Wayan Koster dalam acara Pengukuhan dan Pelantikan Dewan Penasihat, Dewan Pertimbangan dan Dewan Pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Bali Masa Bakti 2020-2025, Jumat (20/11/2020) malam di Inaya Putri Bali, Nusa Dua, Badung. “Langkah-langkah strategis, khususnya di masa pandemi Covid-19 yang menggerus perekonomian Bali hingga -12,28 % di kuartal III/2020 harus kita pahami sebagai masalah bersama, baik bagi pengusaha maupun pihak eksekutif. Oleh karena itu dibutuhkan kerja sama dan sinergi yang konstruktif agar tantangan ini mampu kita menangkan,” tegas Ariandi. (bp)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
You cannot copy content of this page
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker