Ekbis

Proteksi UMKM Milenial, AMD.Express Diluncurkan

DENPASAR, BaliPolitika.Com– Pertumbuhan perekonomian Bali di Triwulan III 2020 yang mencatat rekor terdalam sepanjang sejarah dibanding periode sama tahun 2019, yakni -12,28% menjadi perhatian serius Dr. Anak Agung Ngurah Manik Danendra, S.H., M.H., M.Kn. Tepat pada peringatan Hari Pahlawan, Selasa (10/11/2020), tokoh Puri Tegal Denpasar Pemecutan ini meluncurkan AMD.Ekpress Smart Aplikasi.

“Era digitalisasi membuka peluang yang lebar bagi UMKM untuk menjadi jagoan!” ujar Agung Manik Danendra, Founder AMD.Camp WebApps yang melaunching aplikasi pintar alias smart aplikasi yaitu AMD.Express tepat pukul 19.00 di Inna Bali Hotel, Jalan Veteran, Denpasar, Selasa (10/11/2020).

Menurut AMD, saat ini banyak UMKM yang menerapkan survival mode untuk bertahan agar usahanya dapat kembali melesat di era baru. Salah satu pilihan kombinasi dengan survival mode ini adalah bertransformasi secara digital karena semakin banyak yang menyadari bahwa model bisnis dengan survival mode tidak akan bertahan.

“Sebab tidak seorang pun tahu kapan era baru akan dimulai dan berakhir sehingga memilih untuk menciptakan dan memulai bisnisnya dengan mengubah bisnis model dengan bertransformasi secara digital,” ungkap AMD memaparkan lebih jauh mengenai pemikiran dan alasannya.

Hal inilah yang mendorong AMD untuk mengembangkan AMD.Express sebagai Digital Transformer Ecosystem Platform. “Sebab dalam sejarahnya, UMKM adalah Pahlawan Ekonomi dalam setiap fase krisis yang dialami Indonesia,” tegasnya.

“Bahkan sejatinya apa yang kita sebut sebagai era baru pun telah bertransisi dan mengalami pendefinisian ulang, inilah yang harus kita pahami bersama dan mendorong kita untuk saling bergandengan tangan,” ungkap AMD lebih lanjut.

Ia menegaskan bahwa yang semestinya dilakukan oleh UMKM saat ini adalah melakukan Reinvent Potensi bisnis yang sudah berjalan baik untuk memunculkan model bisnis yang baru, sehingga banyak alternative peluang dapat dihasilkan dengan cara ini.

“Disadari atau tidak, protokol mengharuskan UMKM mengedepankan aspek kesehatan dalam setiap proses dan tahapan bisnisnya dan cara yang paling gampang dan mudah serta efisien adalah bertransformasi secara digital,” papar AMD.

Terkait alasan dibangunnya AMD.Express, AMD menyampaikan bahwa apa yang dilakukannya merupakan misi sosial berjangka dengan mengintegrasikan aplikasi digital untuk menggaungkan UMKM milenial secara digital sehingga dapat memperkuat pencapaian atau target, stimulasi, keamanan usaha serta arah dan tujuan dari bisnis pelaku UMKM. “Secara sederhana, bila ini dapat menjadi milestone yang clear, maka apapun usahanya pasti bisa maju,” ungkapnya.

Terang AMD sudah saatnya di era digital saat ini pelaku UMKM bersikap adaptif dan peka dengan perkembangan zaman. Salah satunya dengan membuka kemitraan dan memanfaatkan peluang digital sebagai sarana promosi. Ia meyakinkan bahwa saat ini basis kemitraan dan digitalisasi berbasis komunitas sekitar akan mampu membangun sinergi yang saling menguatkan tanpa kehilangan esensi sosial dalam masyarakat.

“Saya yakin AMD.Express dapat menjadi solusi dan jalur cepat untuk membesarkan jagoan Usaha Milik Kaum Milenial,” lanjut AMD memaparkan konsep ecosystem dalam AMD.express besutannya.

Dipaparkan bahwa AMD.Express merupakan aplikasi penunjang Sustainable Economic Ecosystem untuk para pelaku UMKM dengan konsep berbasis komunitas. Hadir tepat pada peringatan Hari Pahlawan 10 November 2020 dan tersedia di Play Store. “AMD.Express adalah Program IAMDigital sebagai bagian dari induk AMD.Camp,” rincinya.

Lebih lanjut, AMD yakin pertumbuhan ekomomi Bali akan bergerak ke arah positif pasca peluncuran AMD.Express. “Karena roda perputaran ekonomi mikro akan bergerak bertumbuh dengan terbentuknya ekosistem ekonomi sekitar,” tegas AMD.

Ia juga menyampaikan akan ada beberapa kejutan dari munculnya aplikasi ini yang semuanya berdampak positif terhadap pertumbuhan sosial ekonomi Bali khususnya dan nusantara umumnya. (bp)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
You cannot copy content of this page
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker