Politik

Optimis, Golkar Launching Bali Entrepreneurs Academy

DENPASAR, BaliPolitika.Com- Kemerosotan pertumbuhan ekonomi Bali hingga -12,28% di kuartal III/2020 yang memposisi Pulau Dewata sebagai yang terparah di Indonesia disikapi serius oleh Partai Golkar Bali. Sebagai bentuk keseriusan atas keprihatinan itu, Ketua DPD 1 Golkar Bali, I Nyoman Sugawa Korry melaunching program Bali Entrepreneur Academy di Sekretariat DPD 1 Golkar Bali Senin (9/11). Menjadikan Bali sebagai The Island of Entrepreneurs atau pulaunya para pengusaha menjadi cita-cita yang diperjuangkan Golkar.

Bekerja sama dengan PT Kaya Indonesia Sejahtera (Indonesia YES), parpol berlambang Beringin mempersembahkan program akselerasi pengembangan budaya kewirausahaan khusus bagi masyarakat Bali di masa pandemi Covid-19. Sugawa Korry menyebut berwirausaha merupakan salah satu harapan bagi para pekerja yang terdampak PHK demi memenuhi kebutuhan hidup. Peningkatan keterampilan berwirausaha dibutuhkan oleh para wirausaha pemulu agar dapat bertahan dan menjaga cashflow mereka.

“Program pendampingan bisnis yang lebih komprehensif di masa pandemi diperlukan agar peserta segera dapat berperan lebih aktif mengatasi permasalahan ekonomi masing-masing dan turut serta membantu membutar roda perekonomian,” ucapnya.

Sekretaris DPD 1 Golkar Bali, I Made Dauh Wijana menambahkan Bali Entrepreneur Academy menyasar beberapa tujuan. Di antaranya mempercepat pengembangan budaya kewirausahaan bagi masyarakat terdampak PHK dan wirausaha pemula. Selain itu juga ditujukan untuk memperkuat sinergi antara berbagai unsur yang relevan dalam pengembangan kewirausahaan. “Sekaligus mendorong munculnya wirausaha yang responsif dan adaptif terhadap perkembangan teknologi,” tegas politisi yang baru melangsungkan prosesi pernikahan kedua setelah lama menduda ditinggal meninggal istri pertamanya itu.

Operator Manager PT Kaya Indonesia Sejahtera (Indonesia YES), Sayu Ketut Sutrisna Dewi menjelaskan Bali Entrepreneur Academy adalah program penciptaan wirausaha baru pengembangan bisnis dengan format kompetisi khusus bagi masyarakat Bali usia 20-40 tahun. Program itu digagas oleh DPD Golkar Bali bekerja sama dengan Indonesia YES dalam rangka akselerasi pengembangan budaya kewirausahaan di kalangan generasi muda Bali di masa pandemi Covid-19.

“Bidang usaha yang digarap bisa industri kreatif, perdagangan umum, dan jasa. Bagi 20 besar yang lolos akan memperoleh pedidikan dan pelatihan kewirausahaan dan pendampingan penyusunan business plan,” ungkapnya.

Lebih jauh, Wakil Ketua Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DPD 1 Golkar Bali, Wayan Gede Supadma menambahkan 10 orang pemenang akan memperoleh bantuan pendampingan usaha selama 2 bulan dan bantuan permodalan masing-masing senilai Rp 5 juta rupiah. (bp)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
You cannot copy content of this page
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker