PemerintahanPolitik

Koster Sebut Nilai Ajaran Bung Karno Tembus Zaman

Denpasar (BaliPolitika.Com) – Gubernur Bali Wayan Koster menutup acara Bulan Bung karno bertempat di Wiswa Sabha Utama, Kantor Gubernur Bali, Denpasar, Selasa (30/6). Provinsi Bali menjadi pioner acara Bulan Bung Karno di Indonesia karena menilai ajaran-ajaran Sang Bapak Pendiri Bangsa sekaligus ideologi dan gagasannya harus langgeng sepanjang massa.

Sebagai seorang pejuang, Soekarno mengantarkan bangsa Indonesia ke gerbang kemerdekaan. Bung Karno tegas Koster memberikan beberapa gagasan yang dikenal dengan Tri Sakti Bung Karno. Yaitu, berdaulat secara politik, berdikari secara ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan. Hal ini sangat relevan dengan perkembangan zaman. Ajaran Bung Karno mengandung nilai-nilai yang tembus zaman. Bisa diaplikasikan oleh penerus bangsa untuk membangun negara, menyejahterakan masyarakat, serta memberikan landasan untuk eksistensi bangsa.

Koster menyebut payung hukum berupa Peraturan Gubernur Nomor 19 Tahun 2019 tentang Bulan Bung Karno di Provinsi Bali sehingga bisa diterapkan juga kabupaten/kota. Koster menyebut pemikiran Bung Karno sangat cocok serta sinkron dengan visi misi Pemprov Bali, yakni Nangun Sat Kerthi Loka Bali. “Tri Sakti Bung Karno sangat ideal dimplementasikan di tingkat desa adat karena mempunyai ketiganya,” imbuhnya. Berdaulat secara politik menurutnya di desa adat sudah ada awig-awig dan perarem yang benar-benar dipatuhi oleh kramanya. Berdikari secara ekonomi bisa didorong lagi karena desa adat mempunyai LPD yang membantu menggerakkan perekonomian masyarakat.

Lebih jauh, Koster mengaku bersyukur atas peninggalan gagasan Bung Karno. “Jadi, Bulan Bung Karno ini bukan hanya sebatas seremonial untuk memperingati Bung Karno.Tapi harus ambil makna nyata dalam mendorong masyarakat kita untuk menerapkan ajaran Bung Karno dalam kehidupan sehari-hari,” tambah gubernur yang juga menjabat sebagai Ketua DPD PDIP Provinsi Bali ini.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
You cannot copy content of this page
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker