PemerintahanPolitik

Koster Ingin Gemerlap Pariwisata Dinikmati Orang Lokal

Siapkan Potral Digital Satu Pintu

DENPASAR (BaliPolitika.Com)– Oleh pelancong dari berbagai pencuru dunia Bali dijuluki The Last Paradise alias surga terakhir. Mereka melancong ke Pulau Dewata dan menikmati pelayanan terbaik; seolah-olah seperti di surga. Mirisnya, tidak sedikit warga lokal yang hanya bisa menjadi penonton di tengah gemerlap pariwisata Bali. Hal ini mengundang keprihatinan khusus di hati Gubernur Bali Wayan Koster.

Gubernur yang sebelumnya menjabat Anggota DPR RI dan lama bertugas di Badan Anggaran ini, kembali mencetuskan gagasan yang berpotensi menjadikan Bali sebagai lokasi pariwisata dunia kembali. Bali menjadi obyek wisata yang dijual berbagai pelaku, namun tak banyak dinikmati oleh pelaku lokal. Kemajuan teknologi informasi tak dipungkiri membuat banyak pihak yang memasarkan Bali, memfasilitasi tamu untuk ke Bali, namun keberadaannya tidak diketahui.

“Coba kita cermati baik-baik dan seksama. Berapa persen orang Bali yang menikmati manfaat dari gemerlap dan mewahnya pariwisata ini? Sudah terlalu lama kita loss dan terlalu tinggi. Kita loss pelaku usaha, loss tenaga kerja, nilai ekonomi dan loss kapitalisasi. Untuk itu berdasarkan persetujuan anggota dewan, kami akan keluarkan kebijakan Perda mengenai standar penyelenggaraan pariwisata berbasis budaya Bali yang didalamnya termasuk mengatur digitalisasi pariwisata dengan portal satu pintu pariwisata Bali. Ini juga akan jadi sumber PAD baru,” tegasnya seraya minta dukungan seluruh anggota DPRD Provinsi Bali. (bp)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
You cannot copy content of this page
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker