Gaya HidupKesehatanPendidikan

KEAJAIBAN PIKIRAN BAWAH SADAR

Santy Sastra: Kuasai Pikiranmu! Sugestimu, Senjatamu

DENPASAR (BaliPolitika.Com)– Pikiran bawah sadar menuntun seseorang untuk menemukan jalan sukses, kaya raya, dan dicintai. jelas Indonesia’s Mindset Motivator and Trainer dan praktisi hipnoterapi dan public speaking Putu Suprapti Santy Sastra, SH., CHt., CI menyebut pikiran bawah sadar memiliki kekuatan dahsyat bila seseorang mampu mengendalikan dan mengoptimalkannya. “Tidak ada seorang pun yang bisa menyakitimu kecuali jika kamu izinkan orang itu masuk dalam pikiran bawah sadarmu,” ucapnya.

Pikiran sadar jelasnya bertugas melakukan analisa dan pertimbangan-pertimbangan rasional. Pikiran sadar kerap disetarakan dengan bagian kiri otak manusia. Sementara pikiran bawah sadar berisi database akumulasi berbagai pemahaman, penalaran, pengalaman. Seringkali disetarakan dengan bagian otak kanan.

Fungsi pikiran sadar antara lain mengenal informasi yang masuk dari panca indra, membandingkan memori Anda, menganalisa, dan mengambil keputusan. Fungsi pikiran bawah sadar mencakup kebiasaan, perasaan (emosi), memori jangka panjang, persepsi, kreativitas, kepribadian, intuisi, percaya diri.

Pikiran tidak sadar adalah bagian dari otak yang mengendalikan sistem biologis dan dorongan-dorongan naluriah yang secara alami ada sejak lahir. Misalnya terkait pernapasan, detak jantung, produksi darah, dorongan untuk makan alias mempertahankan kehidupan dan dorongan untuk melestarikan keturunan. Mengutip Sandy Mc Gregor dalam Peace of Mind, ditegaskan bahwa pikiran sadar hanya 12% mempengaruhi kehidupan seorang manusia. 88% sisanya ditentukan oleh pikiran bawah sadar. “Hukum pikiran adalah apa yang melintas pada saat ini, bukan masa lalu dan juga bukan masa depan, tetapi sekarang pada saat itu,” ungkap Santy Sastra.

Sedemikian besarnya pikiran bawah sadar mempengaruhi kehidupan seseorang, Santy Sastra mengajak pembaca masyarakat untuk memaksimalkan dan mengembangkan kekuatan pikiran. Anda bisa secara langsung mengikuti serangkaian pelatihan yang akan mengubah hidup Anda dengan datang langsung ke Santy Sastra Public Speaking, Jalan Gatot Subroto VI No. 19 Dangin Puri Kaja, Denpasar Utara. “Kekuatan pikiran bawah sadar dapat dibangkitkan dengan dua acara, yakni autosuggestion dan visualization. Sugestimu, senjatamu,” tegas wanita murah senyum itu.

Autosuggestion dipahami sebagai keinginan yang terekam kuat dalam pikiran bawah sadar. Dalam melakukan teknik ini seseorang harus berpikir positif, powerfull (kuat), precise (tepat), present tense (kekinian), dan personal (mandiri). Upaya membangkitkan pikiran bawah sadar melalui visualization diwujudkan berpedoman pada keinginan yang tergambar di dalam bawah sadar. Langkah-langkah dalam memvisualisasikan impian antara lain mendefinisikan impian, menentukan target waktu, melakukan berulang-ulang.

Imbuh Santy Sastra alam bawah sadar dapat membantu seseorang untuk lebih berkonsentrasi dalam menghadapi apapun sehingga menjadi lebih fokus untuk menggapai kesuksesan. Pengendalian alam bawah sadar akan membawa Anda menemukan jalan sukses. Semua yang kita lakukan di dunia ini, baik itu buruk ataupun baik semuanya diawali dengan kekuatan pikiran yang berasal dari alam bawah sadar. Hal ini bisa diarahkan menuju kebaikan dengan cara sering memikirkan kebaikan. Alam bawah sadar mampu menjadi jalan untuk sukses karena mampu mengendalikan pikiran.

 

Anda berpikir dengan pikiran sadar anda, dan apapun yang biasanya anda pikirkan meresap dalam pikiran bawah sadar anda yang tercipta menurut sifat pikiran anda. Pikiran bawah sadar adalah seperangkat emosi dan merupakan pikiran kreatif. Bila anda memikirkan yang baik, kebaikan akan mengikuti. Bila anda memikirkan yang jahat, kejahatan akan mengikuti. Inilah cara pikiran anda bekerja. Hal utama yang perlu diingat adalah bahwa ketika pikiran bawah sadar anda menerima suatu ide, ia mulai menjalankannya. Pikiran bawah sadar bekerja untuk yang baik maupun yang jahat. Hukum ini bila diterapkan dalam cara yang negatif menyebabkan kegagalan, frustasi, ketidakbahagiaan. Namun ketika anda membiasakan diri untuk berpikir harmonis dan konstruktif, anda akan mengalami kesejahteraan, kesuksesan, dan kesehatan yang sempurna.

 

Ditambahkan Santy Sastra, cara terbaik untuk memperkenalkan atau menggambarkan dua fungsi dari pikiran anda adalah dengan memandang pikiran anda sebagai sebuah kebun. Anda adalah tukang kebun yang menanam dan menabur benih di dalam pikiran bawah sadar anda sepanjang hari, berdasarkan pada pikiran-pikiran yang terus diulang atau biasa anda pikirkan. Ketika anda menaburkan benih di dalam pikiran bawah sadar anda, anda akan menuai hasilnya dalam kehidupan dan tubuh anda. Pikiran bawah sadar anda sangat sensitif terhadap pikiran, ide, gagasan-gagasan anda. Para ilmuan besar, artis, penyair, penyanyi, penulis, dan para penemu memiliki pemahaman yang mendalam tentang bekerjanya dua tingkat pikiran, yaitu pikiran sadar atau rasional dan pikiran bawah sadar atau irasional.

 

Pikiran sadar seperti pengemudi, kapten sebuah kapal. Ia mengarahkan kapal, dan anak buahnya di ruang mesin yang mengendalikan semua peralatan. Anak buahnya atau orang-orang di ruang mesin tidak tahu dimana mereka pergi, mereka hanya mengikuti perintah. Mereka akan menabrak batu-batu karang bila kapten yang mengarahkan kapal memberi perintah yang salah. Para anggota awak kapal tidak akan berbicara kembali kepada kapten; mereka hanya menjalankan perintah.

 

Kapten adalah penguasa kapalnya, dan perintah-perintahnya dijalankan. Seperti itulah pikiran sadar: kapten dan penguasa atas diri anda yang menyajikan bagaimana tubuh, lingkungan, dan hubungan-hubungan anda. Sementara pikiran bawah sadar hanya mengambil dan memenuhi perintah yang diberikan kepadanya berdasarkan apa yang dipercaya dan diterima sebagai kebenaran oleh pikiran sadar anda. Ketika anda mengatakan saya tidak bisa mendapatkannya, maka pikiran bawah sadar menempatkan anda sesuai dengan apa yang anda katakan dan melihatnya sebagai suatu perintah bahwa anda tidak ingin berada dalam kondisi mendapatkannya, sehingga anda benar-benar tidak mendapatkannya. Sekali lagi, pikiran bawah sadar hanya mengikuti, memenuhi apa yang Anda perintahkan.

 

Pikiran bawah sadar adalah pilot pikiran yang bekerja secara otomatis. Ia tidak mempertanyakan sesuatu yang dimasukan atau disampaikan kepadanya. Ia menerima segala hal sebagai suatu kebenaran, kenyataan dan kepastian yang harus dijalankan. Peran pikiran sadarlah yang menyaring. mempertanyakan sesuatu sebelum diterima pikiran bawah sadar. Apapun yang anda alami dalam hidup keseharian anda, akan tertanam atau menjadi suatu kesan dalam pikiran bawah sadar anda. Setiap pkiran atau gagasan, keyakinan, pendapat, teori-teori dan kejadian-kejadian dalam hidup anda akan masuk dalam pikiran bawah sadar anda sebagai kebenaran yang mutlak.

Apa yang anda tuliskan di dalam akan anda alami di luar. Ketika pikiran sadar atau pikiran obyektif anda benar-benar menerima suatu gagasan, hal itu ditransmisikan kepada bagian-bagian otak dan oleh karena itu mewujud dalam pengalaman anda. Pikiran bawah sadar anda tidak bisa membantah. Ia hanya menerima kesimpulan dari pikiran sadar anda sebagai suatu kebenaran yang bersifat final. Ia tidak memerlukan alasan untuk membuat sesuatu terjadi.

“Sugesti senjatamu. Kuasai pikiranmu, maka kamu akan bisa melakukan apapun dengan kekuatan pikiranmu itu. Pikiran dan perasaan menciptakan hidup kita. Ingin tahu ramalan hidup Anda lewat kartu Ciam Si dipadukan dengan kekuatan pikiran bawah sadar,” tutupnya.  (bp)

 

 

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
You cannot copy content of this page
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker