Politik

Kawal Paket Bagus, NasDem Siapkan Saksi Semesta

BANGLI, BaliPolitika– Gerakan restorasi bergema di Kabupaten Bangli, Kintamani. Partai Nasional Demokrat (NasDem) terus melakukan konsolidasi demi konsolidasi dalam rangka pemenangan Paket Bagus di Pilkada Serentak, 9 Desember 2020 mendatang. Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bangli I Made Subrata- Ngakan Kuta Parwatha diyakini akan memberikan warna baru bagi kabupaten yang tidak memiliki wilayah laut itu.

Partai NasDem melihat serius Pilkada Bangli 2020. Terbukti dengan konsolidasi yang dilakukan Ketua DPP Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DPP Partai NasDem Ida Bagus Oka Gunastawa bersama tim pemenangan dan DPD Partai NasDem Bangli. Konsolidasi ini dilakukan untuk menyerap dan melihat secara langsung apa yang sudah dilakukan tim pemenangan Paket Bagus.

Konsolidasi yang melibatkan Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Bangli, Jro Gede Tindih, jajaran pengurus DPD Partai NasDem Bangli, tim pemenangan dari partai koalisi dan simpatisan pendukung Paket Bagus ini berlangsung di Desa Wisata Penglipuran, Kamis (29/10/2020) sore.

“Kami ingin mendengarkan secara langsung apa yang sudah dilakukan tim pemenangan dan sekaligus saya juga mencanangkan “Saksi Semesta” untuk Pilkada Bangli” kata Ida Bagus Oka Gunastawa yang merupakan sosok sentral kelahiran Partai NasDem di Pulau Dewata.

Gerakan “Saksi Semesta Pilkada Bangli 2020” jelasnya merupakan gerakan moral untuk mengajak publik melakukan dokumentasi mulai dari proses pencoblosan hingga rekapitulasi penghitungan suara di TPS alias Tempat Pemungutan Suara. Bebernya, Gerakan Saksi Semesta yang juga disebut TPS Live ini melibatkan partisipasi aktif masyarakat untuk mencegah kecurangan dengan tiga langkah mudah, yakni “Rekam! Upload! Share!”

“Kami mengajak masyarakat untuk menjadi bagian gerakan Saksi Semesta dan mewujudkan TPS Live untuk mencegah kecurangan di hari pencoblosan dan penghitungan suara Pilkada Bangli 9 Sesember nanti,” kata Oka Gunastawa.

Ditambahkannya, Saksi Semesta selain bertugas pada hari pencoblosan untuk memantau, melakukan dokumentasi, publikasi melalui langkah ambil foto atau video, upload, share aktivitas di TPS juga memiliki tugas tambahan. Yakni bagaimana meyakinkan kehadiran masyarakat di TPS di tengah pandemi Covid-19. Pria yang akrab disapa Gus Oka itu menegaskan bahwa masyarakat tak perlu ragu atau takut ke TPS sudah diterapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Tentu ini berkaitan erat dengan tingkat kepercayaan publik pada proses Pilkada ini. Dengan adanya jaminan protokol kesehatan dari KPU di tiap TPS maka logikanya semakin banyak yang akan datang ke TPS. Tentu harapan kita semakin terlegitimasi proses maupun hasil Pilkada kali ini,” ujar pria murah senyum itu.

Lebih lanjut diungkapkan pada pelaksanaanya, para saksi semesta akan berada di luar TPS saat penghitungan suara. Mereka akan merekam dan melakukan siaran langsung di sosial media masing-masing.

Oka Gunastawa berharap dengan peran aktif masyarakat dalam Pilkada Bangli 9 Desember 2020 melalui “Saksi Semesta” ini, pilkada yang berasaskan JURDIL bisa terwujud dan apapun pilihan masyarakat Bangli sesuai dengan hati nuraninya. (bp)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
You cannot copy content of this page
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker