Politik

JAYA WIRA: SUDAH SAATNYA BUMDes MELAKUKAN DIGITALISASI BISNIS

Calon Wakil Bupati dari Paslon Nomor 1, I Made Edi Wirawan, SE menyebutkan, Dari 133 Desa yang ada di Kabupaten Tabanan, sekitar 30% desa belum memiliki atau mendirikan BUMDes dan ini menjadi perhatian khusus dari Pasangan Calon Nomor 1 (JAYA-WIRA).

Merujuk pada peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang desa, khususnya UU Nomor 6 tahun 2014, disimpulkan bahwa BUMDes merupakan lembaga perekonomian desa yang memiliki peran penting dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat desa.

Dengan peran penting BUMDes bagi kesejahteraan masyarakat desa, sudah jadi kewajiban agar setiap desa mendirikan dan memiliki BUMDes, dan bagi BUMDes yang sudah berdiri harus terus diberikan pendampingan dan dukungan sehingga dapat lebih berkembang.

Menurut Edi Wirawan, dengan semakin berkembangnya teknologi dan kondisi Pendemi COVID-19, sangat tepat apabila BUMDes melakukan Digitalisasi Usaha. Melalui digitalisasi usaha tersebut BUMDes tidak hanya memenuhi kebutuhan lokal (Desa setempat), namun akan bisa memasarkan produknya ke pasar Nasional dan bahkan ke Pasar Internasional.

Dengan melakukan Digitalisasi, BUMDes akan mampu melakukan perluasan pasar. Dengan perluasan pasar atas produk-produk BUMDes akan berimbas kepada berkembangnya unit-unit usaha (UMKM) yang bekerjasama dengan BUMDes, akhirnya akan memberikan manfaat pada peningkatan ekonomi masyarakat desa itu sendiri.

Kami sudah persiapkan sistemnya, skemanya dalam bentuk Jejaring dan Jaringan. Kita jadikan BUMDes sebagai salah satu kekuatan Pembangunan Tabanan, tegas Edi Wirawan.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
You cannot copy content of this page
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker