Pendidikan

ITB STIKOM Bali PTS Paling Top di Bali Nusra 

TERPOPULER: Rektor ITB STIKOM Bali Dr. Dadang Hermawan mengaku terkejut dan bersyukur merespons rilis resmi webometrics edisi Juli 2021.

 

DENPASAR, BaliPolitika.Com – Metaformofis alias transformasi Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali berbuah manis. Perubahan status dari Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Teknik Komputer STIKOM Bali menjadi Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali sejak 7 Mei 2019 kian menegaskan posisi perguruan tinggi swasta (PTS) yang berlamat di jantung Kota Denpasar, tepatnya Jalan Raya Puputan Renon No. 86, Dangin Puri Klod, Kecamatan Denpasar Timur menjadi yang terpopuler di Provinsi Bali dan Nusa Tenggara (Nusra).

Prestasi ini merujuk ranking perguruan tinggi dunia yang dirilis webometrics edisi Juli 2021. Dari 4.593 (perguruan tinggi negeri) PTN dan PTS di Indonesia, ITB STIKOM Bali menempati ranking 117. Hebatnya, ITB Stikom Bali merangsek ke ranking 6.179 dari sekitar 300.000 perguruan tinggi di dunia. Khusus di wilayah Bali Nusra, ITB STIKOM Bali menjadi satu-satunya PTS yang masuk peringkat lima besar. Ranking satu sampai empat ditempati PTN dari Lombok dan Bali. 

Rektor ITB STIKOM Bali Dr. Dadang Hermawan mengaku agak kaget sekaligus bersyukur terhadap penilaian webometrics. Meski baru dua tahun bertransformasi jadi institut, kinerja ITB STIKOM Bali dinilai sangat membanggakan. “Jujur saya agak kaget, tetapi juga bersyukur bisa masuk ranking 117 nasional dan menjadi satu-satunya perguruan tinggi swasta  yang masuk ranking lima besar di Bali dan Nusra bersama perguruan tinggi negeri yang memang sudah beken duluan,” ujar Dadang Hermawan didampingi Wakil Rektor III Bidang Kerja Sama dan Inovasi, I Made Sarjana, SE, MM, Kamis (29/7/2021).

Dr. Dadang Hermawan menegaskan prestasi tersebut lahir dari kekompakan civitas akademika ITB STIKOM Bali sejak kampus IT pertama di Bali ini berdiri 10 Agustus 2002 silam. “Saya pantas menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada civitas akademika ITB STIKOM Bali dan pengurus Yayasan Widya Dharma Shanti Denpasar atas dukungan dan kerja sama yang terjalin baik selama ini sehingga ITB STIKOM Bali berkembang menjadi kampus IT terpopuler dan akan terus bergerak maju menuju world class university. Apa yang dirilis oleh webometrics kali ini melengkapi berbagai prestasi yang sudah kami raih sebelumnya dan semua itu karena kekompakan kami di ITB STIKOM Bali bersama pihak yayasan,” ungkapnya.

Webometrics sendiri berkedudukan di Spanyol. Sejak Juli 2012 aktif memberi peringkat pada PTN dan PTS di dunia. Riap tahun webometrics merilis hasil penilaian terhadap lebih dari 300.000 kampus di 200 negara di dunia berdasarkan website masing-masing perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta. (rls/bp)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
You cannot copy content of this page
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker