Pemerintahan

Giri Prasta: Pancasila Bintang Penuntun Kehidupan Bangsa

MANGUPURA, BaliPolitika.com- Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta hadiri Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 secara virtual di Ruang Rapat Rumah Jabatan Bupati Badung, Puspem Badung, Selasa (1/6/2021). Kegiatan bertema “Pancasila dalam Tindakan, Bersatu untuk Indonesia Tangguh” ini dipimpin Presiden RI Joko Widodo selaku inspektur upacara di Istana Bogor. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo di Gedung MPR RI yang membacakan Teks Pancasila. Sementara Ketua DPR RI Puan Maharani membacakan naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dari kediamannya. Seluruh warga negara Indonesia dapat mengikuti Upacara melalui siaran langsung di Youtube BPIP, laman Facebook BPIP, Instagram BPIP, dan siaran langsung dari TVRI.

Bupati Giri Prasta mengatakan Peringatan Hari Lahir Pancasila tiap 1 Juni harus benar-benar dimanfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Seiring zaman, Pancasila sebagai ideologi negara memiliki tantangan yang semakin berat, walaupun Pancasila menyatu dalam kehidupan sepanjang Republik Indonesia ini berdiri, namun tantangan yang dihadapi Pancasila tidaklah semakin ringan. Globalisasi dan interaksi antar belahan dunia tidak serta merta meningkatkan kesamaan pandangan dan kebersamaan. Yang harus diwaspadai adalah meningkatnya rivalitas dan kompetisi, termasuk rivalitas antar pandangan, rivalitas antara nilai-nilai, dan rivalitas antar ideologi. Dari peringatan hari lahir Pancasila ini seluruh masyarakat bisa lebih memahami dalam melakukan pembangunan di Kabupaten Badung yang dilandasi oleh nilai-nilai pancasila.

“Kita tidak boleh lepas dari keyakinan kita pada Tuhan YME, mengembangkan nilai-nilai kemanusiaan yang adil dan beradab. Perjuangan untuk mewujudkan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia tidak dibeda-bedakan demi terciptanya suatu keadilan sosial. Selaku warga masyarakat Indonesia saya mengucapkan terima kasih kepada Presiden RI karena pada tanggal 1 Juni ini diperingati hari lahir Pancasila, harapan kita ke depan dengan diperingati hari lahirnya Pancasila ini sehingga betul-betul Pancasila diimplementasikan oleh seluruh warga masyarakat Indonesia. Pancasila yang akan menjadi bintang penuntun dalam kehidupan kita bermasyarakat dan bernegara,” tegas Bupati.

Presiden RI Joko Widodo dalam pidatonya mengatakan ketika konektivitas 5G melanda dunia, maka interaksi antar dunia juga akan semakin mudah dan cepat. Kemudahan ini bisa digunakan oleh ideologi-ideologi transnasional radikal untuk merambah ke seluruh pelosok Indonesia, ke seluruh kalangan, dan ke seluruh usia, tidak mengenal lokasi dan waktu. Kecepatan ekspansi ideologi transnasional radikal bisa melampaui standar normal ketika memanfaatkan disrupsi teknologi ini. Menghadapi semua ini perluasan dan pendalaman nilai-nilai Pancasila tidak bisa dilakukan dengan cara-cara biasa. Diperlukan cara-cara baru yang luar biasa, memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama Revolusi Industri 4.0. Dan, sekaligus Pancasila harus menjadi pondasi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkeindonesiaan.

“Saya mengajak seluruh aparat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, kaum profesional, generasi muda Indonesia, dan seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia Maju yang kita cita-citakan. Selamat memperingati Hari Lahir Pancasila, selamat membumikan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” ajaknya. (rls/bp)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
You cannot copy content of this page
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker