Pemerintahan

Giri Prasta: Kembalikan Wed Bali, Stop Kotak-Kotakan Diri

MENYATU: Bupati Giri Prasta Buka Parum Sabha Panditha MGPSSR Badung

 

MANGUPURA, BaliPolitilka.Com- Ketua Umum Maha Gotra Pasek Sanak Sapta Rsi (MGPSSR) Provinsi Bali, I Nyoman Giri Prasta resmi membuka Parum Sabha Panditha dan Dharma Patni Kabupaten Badung tahun 2021 di Ruang Kriya Gosana, Puspem Badung, Minggu (27/6/2021). 

Pria yang kini mengemban amanat sebagai Bupati Badung itu menyampaikan bahwa Sabha Panditha  digelar untuk menyamakan persepsi, khusunya terkait kegiatan atau ayah-ayahan melayani umat. Dharma Patni akan menyusun program yang sejalan dengan program Pemkab Badung. Seperti membuat program taman bumi banten untuk mendukung kegiatan upakara dan upacara, program serati, program PAUD/TK Hindu berbahasa Ibu dan banyak hal lain. 

“Ini adalah program di MGPSSR, termasuk Sabha Yowana dan Sabha Welaka juga kita ada. Kami juga memiliki Jaga Baya Pasek dan Jaga Baya Dulang Mangap. Kita sudah persatukan semua untuk betul-betul kita harus bangkit, bergerak, berjuang bersama melalui semeton Pasek untuk Bali,” jelasnya.

Giri Prasta berkomitmen mewadahi semua klan dengan konsep Vasudhaiva Kutumbakam (kita adalah saudara) yang disebutkan dalam Bhagawadgita. “Misalkan kalau bicara tentang sulinggih, kita sudah ada klan di Bali ini dan tidak pernah hilangkan itu. Contoh kalau sulinggih madwijati, klannya Ida Bagus itu namanya Ida Pedanda, kalau para Dewa namanya Ida Bhagawan, kalau para Arya, Gusti namanya Rsi Agung, kalau semeton Pande namanya Sri Mpu Pande, dan Pasek namanya Ida Pandita Mpu, kalau di Puri itu sebenarnya Ida Dalem. Inilah perlu kita mengembalikan wed, untengnya bali. Kita hanya meluruskan dan jangan ada lagi kotak-kotak urusan yang ada di Bali ini,” jelasnya.

Ketua Sabha Panditha MGPSSR Badung, Ida Pandita Mpu Nabe Jaya Reka Merta Yoga menyampaikan Parum Sabha Panditha dan Dharma Patni membahas program kerja Sabha Panditha 2021-2026. Mewadahi pemikiran-pemikiran suci dan cerdas serta bijaksana dan menuangkannya dalam program kegiatan lima tahun ke depan. (bp)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
You cannot copy content of this page
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker