Siaga Bencana

Gempa Tektonik M 3.1 Dirasakan di Bangli

BANGLI, BaliPolitika.Com– Rabu, 13 Januari 2021 pukul 01.57.53 Wita, Kabupaten Bangli diguncang gempa bumi tektonik. Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan Magnitudo 3,1. Episenter terletak pada koordinat 8,30 LS dan 115,34 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 14 km Barat Laut Bangli pada kedalaman 10 km.

Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi tersebut termasuk jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif di darat. Berdasarkan laporan masyarakat, gempa mengakibatkan guncangan yang dirasakan di wilayah Bangli. Getaran dirasakan nyata dalam rumah; seolah ada truk berlalu.

Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar, Agus Wahyu Raharjo, SP melaporkan hingga pukul 06.30 Wita, hasil monitoring BMKG tidak menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

“Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi,” ucapnya. (bp)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
You cannot copy content of this page
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker