Ekbis

Ekonomi China Melesat 18,3 %

DENPASAR, BaliPolitika.Com- Siapa bilang semua negara terpuruk karena Covid-19? China kembali membuktikan diri sebagai raja ekonomi dunia. Pemulihan ekonomi Negeri Tirai Bambu melonjak tajam pada kuartal pertama 2021. Produk domestik bruto (PDB) China mencetak rekor 18,3% pada kuartal pertama ini dibandingkan tahun sebelumnya.

“Kuartal I China dimulai dengan baik, terutama dalam penjualan ritel, yang berada di belakang pemulihan ekonomi ke depan, titik fokusnya adalah bagaimana melanjutkan pertumbuhan dan mengelola risiko keuangan,” kata Marco Sun, kepala analis pasar keuangan di MUFG Bank di Shanghai, seperti dikutip Reuters.

Dibantu oleh langkah-langkah penahanan virus yang ketat dan bantuan darurat untuk bisnis, ekonomi China mampu pulih dari penurunan tajam 6,8% dalam tiga bulan pertama tahun 2020. Pemulihan ini didorong kinerja ekspor untuk memenuhi pesanan luar negeri dan peningkatan konsumsi yang stabil meski kasus Covid-19 masih secara sporadis terjadi di beberapa kota.

Ekonomi terbesar kedua di dunia ini diperkirakan akan tumbuh 8,6% pada 2021 menurut jajak pendapat Reuters, dibandingkan pertumbuhan 2,3% tahun lalu. Meski merupakan yang terlemah dalam 44 tahun, capaian China tahun lalu itu masih menjadikan negara tersebut sebagai satu-satunya ekonomi utama yang mampu menghindari kontraksi.

Menurut analis, dengan ekonomi kembali pada pijakan yang lebih kokoh, bank sentral China mengalihkan fokusnya ke pertumbuhan kredit untuk membantu menahan utang dan risiko keuangan. Para pembuat kebijakan, di sisi lain, berjanji untuk tidak membuat perubahan kebijakan secara tiba-tiba. (bp)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
You cannot copy content of this page
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker