Otomotif

Ecy Mc Peresmian Sirkuit Mandalika

SEJARAH: Putu Dessy Fridayanthi alias Ecy saksikan secara langsung Presiden Joko Widodo resmikan Pertamina Mandalika International Street Circuit,  Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (12/11/2021).  

 

MANDALIKA, BaliPolitika.Com- Ada sosok wanita tangguh asal Bali di balik sukses Presiden RI Joko Widodo meresmikan Pertamina Mandalika International Street Circuit,  Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (12/11/2021). Putu Dessy Fridayanthi alias Ecy juga menyaksikan secara langsung Presiden ke-7 RI itu menjajal sirkuit sepanjang 4,3 kilometer atau 4.300 meter dengan 17 tikungan (11 ke kanan dan 6 ke kiri) yang masuk dalam kalender sementara MotoGP 2022.

Menjadi saksi sejarah peresmian sirkuit seluas 100 hektar yang menampung 150.000 hingga 200.000 orang itu, Ecy mengaku bangga. “Ya bangga pastinya diberi kepercayaan oleh ITDC, EO, dan tentunya Protokol Istana untuk membawakan acara bergengsi ini. Apalagi kemarin (Jumat, 12 November 2021) itu cuaca kurang bersahabat. Jadi plan A, plan B, dan plan C disiapkan. Berubah-ubah last minute sesuai kondisi cuaca. Dan untungnya karena koordinasi yang baik dengan Protokol Istana, maka acara bisa berjalan lancar dan sukses hingga akhir. Walaupun ada perubahan susunan acara karena mengikuti situasi terkini,” ucap Ecy dihubungi melalui sambungan telepon seluler, Sabtu (13/11/2021) siang.  

“Pak Jokowi juga baik sekali. Seusai acara peresmian, Beliau memberikan kesempatan kepada beberapa rakyatnya untuk berfoto bersama. Beliau yang nunjuk-nunjuk langsung siapa yang bisa maju untuk berfoto dengan Beliau. Dan saya salah satu yang beruntung karena diberikan kesempatan kembali untuk mengabadikan momen tersebut bersama Bapak Presiden. Terasa banget kehangatan seorang pemimpin bangsa yang ramah dan disegani rakyatnya,” urai Ecy. 

Disinggung soal perasaan menjadi MC peresmian Sirkuit Mandalika mendampingi Presiden Jokowi, Ecy mengaku tidak deg-degan. Melainkan sangat happy. Aura positif ujarnya sangat terasa saat berada dekat dengan Presiden Jokowi.

Lebih jauh, Ecy menilai Sirkuit Mandalika adalah salah satu bukti nyata upaya pemerataan pembangunan infrastruktur sekaligus ekonomi yang dilakukan oleh Presiden Jokowi di wilayah Indonesia bagian timur.

Dikutip dari situs resmi MotoGP, Sirkuit Mandalika itu bakal jadi venue balapan GP Indonesia. Rencananya balapan MotoGP di Sirkuit Mandalika digelar 20 Maret 2022 atau beberapa pekan setelah seri pembuka di Qatar pada 6 Maret 2022. Selain masuk dalam kalender sementara, Sirkuit Mandalika juga akan menjadi lokasi tes pramusim MotoGP.

Berdasarkan jadwal yang dikeluarkan oleh pihak MotoGP, Sirkuit Mandalika akan menjadi lokasi tes pramusim pada 11-13 Februari 2022. Sirkuit Mandalika mendapatkan tiga rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), yakni pengaspalan menggunakan teknologi building information modelling (BIM) dengan volume terbanyak. Kemudian, pembangunan sirkuit pertama standar Federation Internationale de Motorcyclisme (FIM), dan yang ketiga yaitu lintasan sirkuit tercepat. (bp)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
You cannot copy content of this page
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker