Siaga Bencana

Darurat Banjir, BPBD Papua Dirikan Posko dan Dapur Umum

DARURAT PERUSAKAN ALAM: Dapur umum didirikan BPBD Provinsi Papua untuk menyalurkan bantuan pangan bagi korban bencana

 

 

JAYAPURA, Balipolitika.com- BPBD Provinsi Papua melakukan upaya penanganan darurat banjir dan tanah longsor yang terjadi di wilayah Kota Jayapura. Salah satunya dengan mendirikan posko dan dapur umum untuk membantu memenuhi kebutuhan makanan warga terdampak maupun mereka yang mengungsi. Lokasi dapur umum ini terletak di kantor BPBD Provinsi Papua.

 

Berdasarkan informasi Manajer Pusat Pengendalian Operasi BPBD Provinsi Papua Jonathan Koirewoa, hingga sore ini (7/1) pukul 16.00 WIB sedikitnya 1.000 warga mengungsi akibat kejadian ini. Para tim gabungan yang terdiri dari BPBD Provinsi Papua, BPBD Kota Jayapura, Basarnas, TNI-Polri, Rapi, Orari, Tsbk dan Dompet Dhuafa terus berupaya melakukan evakuasi dan memberikan penanganan darurat di lokasi. Untuk sementara, posko penanganan darurat telah didirikan di BPBD Kota Jayapura.

 

Hasil kaji cepat menyebutkan, kebutuhan mendesak saat ini meliputi bantuan logistik, peralatan dan personel. Kondisi banjir yang masih menggenangi Pasar Youtefa dengan tinggi muka air berkisar 3 meter dan beberapa titik longsor menjadi kendala tersendiri dalam melakukan penanganan darurat.

 

Bencana hidrometeorologi ini mengakibatkan 7 orang meninggal dunia dengan rincian 1 meninggal dunia diakibatkan banjir dan 6 lainnya diakibatkan tanah longsor. Seluruh korban meninggal telah dievakuasi oleh Tim Reaksi Cepat (TRC) Polda Papua. Sebagai respon cepat, BNPB segera mengirimkan personel untuk melakukan pendampingan BPBD setempat dalam melakukan penanganan darurat. (dah/bp)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
You cannot copy content of this page
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker