Politik

Bukan Susi, Jokowi Pilih Sakti Wahyu Trenggono

Total, 6 Wajah Baru Hiasi Kabinet Indonesia Maju Jilid II

JAKARTA, BaliPolitika.Com– Kalimat “tenggelamkan” dipastikan tak naik daun lagi di Kabinet Indonesia Maju Jilid II. Bukan Susi Pudjiastuti yang menggeser posisi Edhy Prabowo yang ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi. Presiden Joko Widodo menunjuk Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP). Sakti sebelumnya menjabat Wakil Menteri Pertahanan. Ia juga tercatat sebagai bendahara TKN Jokowi di Pilpres 2019.

“Beliau Wakil Menteri Pertahanan akan diberikan tanggung jawab untuk jadi Menteri Kelautan dan Perikanan,” kata Jokowi saat pengumuman, Selasa (22/12/2020).

Selain Sakti, Jokowi juga melakukan perombakan alias reshuffle kabinet. Bertempat di Veranda, Istana Negara, Jokowi mengumumkan sosok yang mengisi kursi menteri baru.

“Pada sore hari yang berbahagia ini. Saya bersama Bapak Wakil Presiden ingin mengumumkan menteri-menteri baru yang akan duduk di anggota kabinet Indonesia maju,” kata Jokowi via life streaming yang disiarkan Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden.

Pertama, Jokowi memperkenalkan Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial. Kedua, memperkenalkan Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Ketiga, Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan.

Kemudian Menteri Agama, Jokowi menyebutkan Yaqut Cholil Quomas.  “Beliau tokoh muslim ketua GP Anshor, dan akan kita berikan tanggung jawab sebagai Menteri Agama,” kata Jokowi. Muhammad Lutfi ditunjuk sebagai Menteri Perdagangan.

Untuk jabatan Menteri Sosial Tri Rismaharini menggantikan posisi Juliari Batubara, Wakil Bendahara Umum PDI Perjuangan yang terlibat kasus korupsi. Demikian juga posisi Menteri Kelautan dan Perikanan yang dijabat Sakti Wahyu Trenggono. Ia menggantikan posisi Edhy Prabowo yang berurusan dengan hukum.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menggeser posisi Wishnutama Kusbandio. Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Quomas menggeser Fachrul Razi. Menteri Perdagangan (Mendag) M. Lutfi menggeser Agus Suparmanto, dan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menggantikan posisi Terawan Agus Putranto. (bp)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
You cannot copy content of this page
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker