Pendidikan

Bea Cukai Ngurah Rai Edukasi Kiat Aman di Perjalanan

EDUKASI PELAJAR: Salah seorang penumpang melewati pemeriksaan di bandara. 

 

BADUNG, BaliPolitika.Com- Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia dan Bea Cukai Ngurah Rai bekerja sama menggelar sosialisasi ketentuan kepabeanan kepada pelajar Indonesia di luar negeri. “Bea Cukai Ngurah Rai Menyapa Dunia” menjadi tema inti acara tersebut. Sosiaisasi dikemas secara daring (online) dan menjangkau pelajar Indonesia yang menempuh studi di 5 benua dunia. Sosialisasi selama 4 hari mulai 3-11 Juli 2021 menyesuaikan zona waktu Eropa, Amerika, Asia-Oseania, dan Timur Tengah-Afrika itu diharapkan mampu meningkatkan pemahaman peserta tentang kepabeanan dan cukai.

“Kami merancang acara ini dalam 4 hari yang terpisah agar para pelajar Indonesia yang tersebar di 5 benua dapat nyaman mengikuti sosialisasi ini sesuai zona waktunya. Kenyamanan ini penting karena materi yang akan kami sampaikan sangat bermanfaat bagi para putra-putri bangsa yang saat ini sedang menempuh pendidikan di luar negeri ketika kembali ke Indonesia, baik itu kunjungan, maupun kembali permanen setelah studinya. Materi-materi tersebut meliputi impor barang bawaan penumpang, impor barang kiriman, pembebasan bea masuk atas impor barang pindahan, serta registrasi IMEI (International Mobile Equipment Identity),” jelas Kepala Kantor Bea Cukai Ngurah Rai, Himawan Indarjono.

Direktur kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga, Syarif Hidayat menjadi pembicara kunci dalam sosialisasi tersebut. Pemaparan materi lain diisi oleh Kepala Kantor Bea Cukai Ngurah Rai, Himawan Indarjono.

Koordinator PPI Dunia, Choirul Anam mengapresiasi kegiatan tersebut. Ungkapnya, para pelajar yang saat ini sedang melanjutkan pendidikan di luar negeri sangat membutuhkan edukasi tersebut. Sosialisasi Bea Cukai Ngurah Rai Menyapa Dunia dinilai bermanfaat untuk meningkatkan pemahaman ketentuan di bidang kepabeanan dan cukai, sehingga diharapkan mampu meminimalisasi kesalahan saat kembali ke Indonesia. (rls/bp)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
You cannot copy content of this page
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker