Olahraga

Bamsoet Pimpin PB Kodrat, Gus Arca: Angin Segar Sea Games Kamboja 2023   

SALAM NAFAS PERSAUDARAAN: Sekretaris Umum Pengurus Provinsi Tarung Derajat Provinsi Bali Anak Agung Bagus Tri Candra Arka (3 dari kiri) dan Bendum PB KODRAT Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra (3 dari kanan).

 

JAKARTA, BaliPolitika.Com- Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dilantik sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Keluarga Olahraga Tarung Derajat (PB KODRAT) periode 2021-2025 menggantikan Harry Tanoe Soedibyo, Minggu (20/6/2021). Pergantian tongkat estafet kepemimpinan organisasi seni bela diri khas suku Sunda yang dideklarasikan di Bandung, 18 Juli 1972 itu dinilai akan membawa “angin segar” bagi PB KODRAT. Penegasan itu salah satunya diutarakan oleh Sekretaris Umum Pengurus Provinsi Tarung Derajat Provinsi Bali merangkap Koordinator Pengembangan Luar Negeri Pengurus Besar KODRAT Indonesia, Anak Agung Bagus Tri Candra Arka, Senin (21/6/2021).

“Pelantikan Bamsoet menjadi momentum untuk pengembangan olahraga di Indonesia dan luar negeri. Bagaimana pun olahraga tarung derajat merupakan budaya bangsa Indonesia yang wajib kita pelihara dan kembangkan di negara lain. Dengan berlandaskan kesadaran, kecerdasan, dan kesantunan kami yakin tarung derajat bisa berkembang di bawah kepemimpinan Bapak Bamsoet,” ucap pria yang akrab disapa Gus Arca itu.  

Tegasnya, salah satu program Bamsoet yang berpeluang besar semakin membumikan seni bela diri tarung derajat ciptaan Achmad Dradjat ini adalah agenda kompetisi atau kejuaraan profesional. Secara otomatis agenda ini akan menjadi ajang pengembangan dan kesejahteraan atlet atau petarung. “Dan agenda yang lebih penting lagi adalah berjuang agar tarung derajat bisa dipertandingkan di Sea Games Kamboja 2023. Yang jelas kami yakin di bawah kepemimpinan Beliau, tarung derajat bisa membumi,” tandas pria asli Kerobokan, Kuta Utara, Badung itu. 

“Tarung derajat adalah ilmu bela diri yang mengalir seperti air tanpa henti tapi tidak terbawa arus. Box !!! Salam nafas persaudaraan,” tegasnya. 

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, amanat baru ini membuat Bamsoet memimpin para atlet dari dua cabang olahraga berbeda pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2021. Rinciannya sebanyak 116 atlet balap motor sebagai Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) serta 125 atlet tarung derajat sebagai Ketua Umum PB KODRAT.

“Saya tidak bisa mengelak ketika Saudaraku dari keluarga besar tarung derajat menunjuk secara aklamasi meminta saya memimpin organisasi ini. Setelah berkonsultasi dengan KONI Pusat dan ternyata tidak ada larangan dalam memimpin dua organisasi cabang olahraga, IMI, dan tarung derajat, maka dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, saya siap mengemban amanah ini. Sebagai pengabdian terhadap bangsa dan negara, khususnya dalam memajukan dunia olahraga Indonesia,” ujar Bamsoet usai dilantik menjadi Ketua Umum PB KODRAT, di Jakarta, Minggu (20/6/21).

Turut hadir dari Perguruan Pusat Tarung Derajat, Sang Guru Achmad Dradjat, Sang Guru Badai Meganagara Dradjat, dan Sang Guru Rimba Dirgantara Dradjat. Hadir dari Jajaran KONI Pusat, antara lain Ketua Umum Letjen TNI (purn) Marciano Norman, Wakil Ketua Umum I Mayjen TNI (purn) Suwarno, Wakil Ketua Umum II Mayjen TNI (purn) Soedarmo, dan Sekjen Tubagus Ade Lukman.

Hadir pula Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sekaligus Ketua Umum PBSI Agung Putra Sampurna, Sestama Badan Intelijen Negara sekaligus Ketua Harian PB e-Sport Indonesia Komjen Pol Bambang Sunarwibowo, Gubernur Sekolah Tinggi Intelijen Negara Laksda TNI Ivan Yulivan, Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Chandra Bhakti, Wakapolri 2011-2013 Komjen Pol (purn) Nanan Soekarna, dan Youtuber sekaligus content creator Atta Halilintar.

Sementara pengurus PB KODRAT yang hadir dilantik antara lain Dewan Pembina Komjen Pol (Purn) Nanan Soekarna, Ketua Harian Brigjen Pol Syamsul Bahri, Sekretaris Jenderal Kolonel Asep Sugiharto, Bendahara Umum Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra, Wakil Ketua Umum Bidang Binpres, Diklat, dan Kompetisi Noves Narayana, Wakil Ketua Umum Bidang Pembinaan dan Pengembangan Daerah Andi Sinulingga, Hubungan Antar Lembaga Junaidi Elvis, Komunikasi dan Media Sosial Dwi Nugroho dan Hasby Zamri.

Ketua DPR RI ke-20 ini menjelaskan untuk memperkuat kepengurusan PB KODRAT, Kepala Badan Intelijen Negara Jenderal Pol (purn) Budi Gunawan diangkat sebagai Ketua Dewan Pembina. Didukung Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Tony Wenas. (tim/bp)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
You cannot copy content of this page
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker