Pemerintahan

Badung Buka Pintu Lebar untuk Diawasi

DEMI RAKYAT: Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta dan anggota Ombudsman RI Dr. Johanes Widijantoro dalam penandatanganan MoU, Jumat (4/6/2021)

 

MANGUPURA, BaliPolitika.Com- Tingkatkan kualitas pelayanan publik, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta tandatangani nota kesepakatan bersama (MoU) dengan Kepala Ombudsman Perwakilan Bali Umar Ibnu Alkhatab, Jumat (4/6) bertempat di Hotel Inna Denpasar. Penandatanganan MOU ini disaksikan secara langsung oleh anggota Ombudsman RI Dr. Johanes Widijantoro.

Giri Prasta mengaku sejak menjabat Bupati Badung berkomitmen menjalin kerja sama dengan Ombudsman RI berkaitan dengan peningkatan kualitas pelayanan publik. Giri Prasta menilai pemerintah daerah membutuhkan pengawasan, baik secara internal maupun eksternal.

“Badung sudah memberikan ruang sepenuhnya kepada Ombudsman RI Perwakilan Bali untuk masuk melakukan pengawasan edukasi dan pendampingan terkait transparansi taat asas berkaitan urusan APBD Kabupaten Badung. Bicara tentang pelayanan publik, dengan keberadaan mall pelayanan publik di Badung bisa memberikan pelayanan administrasi kepada masyarakat baik itu izin atau lainnya,” ucapnya.

Giri Prasta menyebut Ombudsman RI juga bisa mendorong pemerintah daerah melakukan evaluasi respons time pelaksanaan sebuah persoalan. “Contoh di Badung apabila terjadi kebakaran, sebelum 15 menit Dinas Damkar harus sudah ada di lokasi, Dishub sterilkan lalu lintas melalui ATCS, Pol PP sudah mensterilkan lokasi agar petugas tidak terganggu saat bekerja, Diskes sudah ada di tempat untuk memberikan pelayanan kesehatan. Kemudian besoknya Dinas Perkim melakukan bedah rumah bersamaan itu Dinas Sosial memberikan bantuan pakaian dan seterusnya, sehingga 6 OPD bergerak bersama menyelesaikan satu persoalan dan masyarakat terlayani dengan tuntas,” jelasnya.

Anggota Ombudsman RI Johanes Widijantoro menyampaikan Ombudsman RI hadir di Bali secara khusus untuk melihat secara langsung dampak pandemi yang sangat luar biasa. “Apapun yang terjadi, kinerja Ombudsman dalam peningkatan kualitas pelayanan publik harus bisa menyesuaikan dengan kondisi yang ada,” ujarnya.

Widijantoro mengapresiasi Ombudsman Bali yang menjalin hubungan baik dengan semua kabupaten/kota untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. “Kami berharap momentum siang ini bukan hanya dilihat secara seremonial. Kami ingin memastikan ke depan penyelenggara pemerintah daerah bisa memberikan gambaran realisasi dari semua bentuk pelayanan publik. Kami juga ucapkan terima kasih atas hubungan yang baik antara kepala daerah dengan ombudsman Bali terkait komitmen pelaksanaan pelayanan publik selama ini,” ucapnya. (rls/bp)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
You cannot copy content of this page
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker