Pemerintahan

Angkat Martabat Wanita, Giri Prasta Raih Anugerah Parahita Ekapraya PPPA RI

KESETARAAN GENDER: Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta didampingi Kadis Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBP3A) Putu Eka Merthawan saat menerima Anugerah Parahita Ekapraya (APE) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia di Puspem Badung, Rabu (29/9/2021).

 

BADUNG, BaliPolitika.Com- Program perlindungan sosial dan pengarusutamaan gender menjadi salah satu program keunggulan Badung. Pengarusutamaan gender dimaksud berhubungan dengan kesetaraan posisi laki-laki dan perempuan di Bumi Keris. Kebijakan ini diperkuat Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Badung No. 38/2018 tentang pengarusutamaan gender. Pemkab Badung ,memastikan bahwa seluruh kebijakan dan kegiatan telah setara dan adil bagi perempuan, laki-laki, anak, penyandang disabilitas, lansia dan kelompok rentan lainnya.

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta berharap kebijakan strategis Pemkab Badung itu memberi manfaat dalam beberapa indikator PUG di antaranya meningkatnya indeks Pembangunan Gender (IPG) dari 95 menjadi 95.1, partisipasi perempuan dalam kepengurusan partai politik (33,5%), meningkatnya keterpilihan perempuan di legislatif (DPRD) dari 6% menjadi 23%, santunan lansia, pembebasan biaya pendidikan pada anak sekolah serta bantuan pakaian dan perangkat pendukung pendidikan, perhatian yang optimal pada disabilitas sesuai dengan kebutuhan, tata laksana pencegahan dan penanganan kekerasan perempuan dengan cepat dan tepat sesuai dengan SOP serta dukungan penganggaran pelaksanaan kegiatan yang mendukung PUG di semua OPD dengan membentuk focal point dan analisis anggaran berbasis gender. 

“Secara umum dapat disimpulkan bahwa Pemerintah Kabupaten Badung akan selalu berkomitmen dan bersungguh-sungguh untuk melaksanakan PUG secara optimal pada tatanan OPD, desa, dan masyarakat serta akan berusaha meningkatkan standar yang telah ditetapkan sehingga Kabupaten Badung dapat meningkatkan kategori penghargaan APE pada tahun berikutnya,” ujar Bupati Giri Prasta didampingi Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBP3A) Putu Eka Merthawan saat menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia yang dinahkodai Bintang Puspayoga di Puspem Badung, Rabu (29/9/2021).

Lebih lanjut, Bupati Giri Prasta menyebut penghargaan ini sebagai bukti komitmen Pemkab Badung dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi pengarusutamaan gender (PUG). Dikatakan bahwa penggerakan program pengarusutamaan gender sangat didukung oleh kinerja dari Kelompok Kerja (Pokja) Pengarusutamaan Gender Kabupaten Badung dengan diketuai oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda). Pengampu program PUG dilaksanakan oleh Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta didukung oleh semua OPD, Lembaga Masyarakat, Perguruan Tinggi serta Lembaga Swadaya Masyarakat yang ada di Kabupaten Badung. 

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Ibu Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia dan semua pihak yang telah bekerja keras dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender di Kabupaten Badung,” ucapnya. (rls/bp) 

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
You cannot copy content of this page
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker