Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Kesehatan

Parah, Ada Teknologi Canggih, Denpasar Masih Pilih Fogging

DBD Incar Nyawa Warga

TINJAU: Sekda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana, didampingi Kadis Kesehatan, Anak Agung Ayu Agung Candrawati, serta Perbekel Desa Sidakarya, I Wayan Madrayasa tinjau pelaksanaan fogging di Jalan Wirasatya, Sidakarya, Minggu, 28 April 2024.

 

DENPASAR, Balipolitika.com Terbukti secara ilmiah di banyak negara, di antaranya Brasil, Australia, Vietnam, Fiji, Vanuatu, Mexico, Kiribati, New Caledonia, Sri Lanka, Australia, dan Singapura, inovasi teknologi wolbachia yang diterapkan untuk menurunkan penyebaran Demam Berdarah Dengue (DBD) di Indonesia malah ditolak di Provinsi Bali. 

Pemerintah Kota Denpasar contohnya masih melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) Demam Berdarah Dengue (DBD) dengan cara konvensional yang terbukti gagal menekan angka kematian dari tahun ke tahun.

KPU Kabupaten Gianyar KPU Kabupaten Gianyar

Melalui Dinas Kesehatan Kota Denpasar pelaksanaan fogging (pengasapan) dilakukan pada, Minggu, 28 April 2023 berlokasi di Jalan Wirasatya, Sidakarya.

Langkah ini dilaksanakan tidak terlepas dari peningkatan kasus DBD yang terjadi di Kota Denpasar pada bulan April 2024 mencapai 248 kasus demam berdarah, dimana naik dibandingkan bulan sebelumnya yaitu 122 kasus.

Pelaksanaan fogging kali ini ditinjau Sekda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana, didampingi Kadis Kesehatan, Anak Agung Ayu Agung Candrawati, serta Perbekel Desa Sidakarya, I Wayan Madrayasa.

Sekda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana di sela-sela kegiatan mengungkapkan, terjadinya peningkatan kasus DBD, Pemerintah Kota Denpasar siap untuk mendukung dan memfasilitasi kegiatan fogging dalam memberantas dan membasmi nyamuk DBD.

Langkah ini tentunya dibutuhkan dukungan seluruh masyarakat untuk bersama-sama melaksanakan PSN secara mandiri.

“Kami selaku Pemerintah Kota Denpasar siap dalam mendukung dan memfasilitasi kegiatan fogging, serta mengharapkan kerjasama seluruh masyarakat dalam melakukan PSN secara mandiri di tempat tinggal masing-masing, sehingga pelaksanaannya bisa berjalan lebih efektif,” ungkapnya.

Kadis Kesehatan, Ayu Candrawati mengungkapkan langkah antisipasi pencegahan nyamuk DBD telah melakukan PSN, maupun fogging massal dengan mesin ULV (Ultra Low Volume) setiap tahunnya.

Peningkatan kasus DBD di Denpasar tidak terlepas dari siklus musim hujan yang berubah akhir-akhir ini sehingga langkah antisipasi dengan pelaksanaan fogging massal pengasapan yang mungkin akan sedikit lebih berisiko.

Hal ini berkaitan dengan asap fogging yang dapat mengganggu pernapasan dibandingkan dengan fogging menggunakan mesin ULV.

“Akhir-akhir ini dengan siklus musim hujan yang berubah, sehingga langkah antisipasi dengan fogging massal pengasapan sedikit lebih berisiko dibandingkan dengan fogging menggunakan mesin ULV. Namun karena kasus yg semakin meningkat diharapkan bisa dilakukan fogging serentak di wilayah Kota Denpasar,” jelasnya.

Sementara salah satu warga banjar setempat, Muhammad Mansur menyampaikan, terima kasih kepada Pemerintah Kota Denpasar yang telah memfasilitasi kegiatan fogging di wilayah kami. Ia mengharapkan langkah ini dapat menekan kasus terjangkitnya DBD dilingkungan warga setempat.

“Saya selaku warga mengucapkan banyak terimakasih atas perhatian dan kepedulian Pemerintah Kota Denpasar, Dinas Kesehatan, maupun perangkat Desa Sidakarya dalam upaya mencegah dan membasmi DBD melalui fogging serta pencegahan jentik nyamuk, sehingga tidak ada lagi warga yg terkena demam berdarah,” tuturnya. (bp/ken)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!