Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

SELEBRITIS

Rizky Febian Tiba di Rumah Mahalini untuk Jalani Acara Mepamit

MEPAMIT: Rizky Febian Tiba di Rumah Mahalini untuk Jalani Acara Mepamit

 

BADUNG Balipolitika.com- Jelang menikah, penyanyi Rizky Febian dan Mahalini Raharja menjalani prosesi adat Mepamit pada Minggu, 5 Mei 2024. Acara tersebut digelar di kediaman keluarga Mahalini yang berlokasi di Desa Adat Padonan, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali. Pihak keluarga sudah sibuk mempersiapkan prosesi ini sejak pagi hari. Mereka turut melibatkan warga Banjar Aseman Kawan, Desa Adat Padonan.

Rizky Febian tiba di kediaman calon istrinya bersama rombongan keluarga pada pukul 10.05 WITA. Ia tiba dengan dua mobil Alphard. Penyanyi yang akrab disapa Iky itu tampak gagah memakai busana adat Bali. Ia mengenakan kemeja cokelat, serta kamben dan udeng berwarna hijau sage. Pelantun lagu Kesempurnaan Cinta tersebut didampingi oleh sang ayah, Sule. Turut hadir pula adik-adiknya, Rizwan Fadhilah, Putri Delina, dan kekasihnya, Jeffri Reksa.

KPU Kabupaten Gianyar KPU Kabupaten Gianyar

Sementara itu, Mahalini berada di dalam rumahnya. Akan tetapi, awak media yang hadir di lokasi tak bisa melihat sosoknya. Awak media juga tak diizinkan masuk ke dalam rumah untuk meliput.

Sebelumnya, Kelihan Adat atau Kepala Banjar Aseman Kawan, I Gede Hardi Raharja, mengatakan bahwa Rizky Febian dan Mahalini Raharja akan menggelar prosesi Mepamit di Bali sebelum menikah di Jakarta. “Setelah mepamit baru ijab kabul pada tanggal 8 Mei 2024 di Jakarta,” kata Kelihan Banjar (Kepala Lingkungan) Aseman Kawan, Desa Tibubeneng Gede Hardi Raharja kepada wartawan, Jumat, 3 Mei 2024.

Menurut adat Bali, prosesi mepamit atau mejauman merupakan isyarat pengantin wanita berpamitan kepada para leluhurnya karena menikah dan mengikuti keluarga pria. Prosesi ini dilakukan dengan bersembahyang di merajan atau tempat ibadah keluarga di rumah pihak calon pengantin wanita dan disaksikan keluarga pengantin pria. Dalam mepamit juga dilaksanakan sesi Medharma. Medharma suaka adalah sejenis ramah tamah yang disaksikan keluarga, tetua adat, dan tokoh masyarakat. Para tetua dan tokoh adat akan duduk bersama dengan kedua keluarga calon mempelai di bale dangin rumah mempelai perempuan. Pihak keluarga juga berencana menggelar resepsi usai mepamit digelar. Namun, Hardi tidak mau mengungkap lokasi resepsi. (dp)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!