Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

FLORA FAUNA

15 Ton Pakan Ternak Probolinggo Dicek Karantina Banjarmasin

Pastikan Pakan Ternak Aman, Sebelum Dikonsumi Sapi

PAKAN: Pastikan Pakan Aman Untuk Ternak, Karantina Lakukan Pemeriksaan

 

 

BATULICIN, Balipolitika.com- Unit Pelaksana Teknis Badan Karantina Indonesia (UPT Barantin) di Banjarmasin melalui Satuan Pelayanan Pelabuhan Batulicin melakukan pemeriksaan terhadap 15 ton pakan ternak yang berasal dari Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

“Pemeriksaan fisik dilakukan secara organoleptik dengan melihat warna, aroma, dan tekstur untuk memastikan kelayakan pakan sebelum dikonsumsi oleh hewan ternak sapi,” jelas Panji selaku pejabat karantina yang bertugas.

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2019 tentang Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan bahwa karantina juga bertugas memberikan jaminan terhadap keamanan pakan dan mutu pakan.

Selain pemeriksaan fisik, dilakukan pemeriksaan dokumen untuk memastikan kesesuaian jenis media pembawa (pakan ternak) dengan dokumen yang disertakan.

“Setelah kami melakukan pemeriksaan, seluruh persyaratan dokumen lengkap dan untuk pakan ternak, baik kemasan maupun isinya juga dalam kondisi baik. Sehingga dinyatakan aman serta layak sebagai pakan untuk hewan ternak sapi,” ujar Panji.

Di tempat terpisah, Kepala UPT Barantin di Banjarmasin, Nur Hartanto juga menjelaskan bahwa pengawasan dan pemeriksaan terhadap pakan ternak sangat penting dilakukan oleh Karantina, karena kualitas dan keamanannya sangat berpengaruh terhadap kesehatan hewan itu sendiri.(bp/luc)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!