Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Politik

Disambut Hujan, Kang Emil Bawa Berkah bagi Bali

SEPAYUNG BERDUA: Gubernur Jawa Barat, Dr. H. Mochamad Ridwan Kamil, S.T., M.U.D. bersama Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati “Mesrakan Bali” di Pura Melanting, Pasar Badung, Dangin Puri Kangin, Denpasar, Selasa (18/1/2022) pagi. 

 

DENPASAR, Balipolitika.com- Hujan yang mengguyur Kota Denpasar, Selasa (18/1/2022) tak menghalangi Gubernur Jawa Barat, Dr. H. Mochamad Ridwan Kamil, S.T., M.U.D. untuk hadir langsung “Mesrakan Bali” di Pura Melanting, Pasar Badung, Dangin Puri Kangin, Denpasar. Tak hanya hadir dalam wujud baliho raksasa di sebelah barat Patung Dewa Ruci, underpass Jalan By Pass Ngurah Rai, Simpang Siur, Kuta, Badung, Bali, Kang Emil hadir langsung di Pasar Badung.

Gubernur yang memimpin provinsi paling padat di Indonesia dengan penduduk sebanyak 49,94 juta jiwa itu tiba pukul 10.34 mengenakan destar atau udeng khas Bali. Kang Emil Disambut oleh Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Ardhana Sukawati. Mewakili Gubernur Bali, Wayan Koster, pada kesempatan itu, Cok Ace- sapaan akrabnya- menegaskan kedatangan Kang Emil membawa berkah yang sangat luar biasa bagi Bali. Di tengah kunjungan pariwisata ke Bali yang jebol, Kang Emil berulang kali “bedol desa” memboyong ratusan orang ke Pulau Dewata.

Kunjungan Kang Emil bersama 200 rombongan termasuk jajaran Bank bjb Bali selama 2 hari ditaksir menghabiskan anggaran dana sekitar Rp 2 miliar lebih. Hal tersebut memberi dampak positif bagi perputaran ekonomi Bali. “Kedatangan Kang Emil sangat berpengaruh terhadap kunjungan wisatawan domestik ke Bali. Karena meskipun Bali sudah dibuka secara internasional, namun masih banyak kendala, sehingga kondisi Bali masih belum normal. Karena itu, kami sangat berterima kasih kepada Kang Emil bersama bank bjb yang telah kembali datang ke Bali,” tandas Cok Ace.

Apalagi kunjungan Kang Emil kali ini, sekaligus meluncurkan program Mesra singkatan dari Masyarakat Ekonomi Sejahtera sangat sesuai dan sejalan dengan visi Pemerintah Provinsi Bali, Nangun Sat Kerthi Loka Bali. Menurutnya, kerja sama yang baik ini akan memberikan manfaat yang baik bagi masyarakat Bali. “Sekali lagi semoga kedatangan Kang Emil memberikan manfaat semua pihak,” tutup Cok Ace.

Sebelumnya, mengawali kunjungamya ke Pulau Dewata, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang akrab disapa Kang Emil menghadiri Business Review Bank bjb Tahun 2021 dan Executive Workshop Tahun 2022 di Nusa Dua, Kuta Selatan, Badung, Senin (17/1/2022). Dalam kegiatan tersebut, Kang Emil kembali mengulas tiga kunci perekonomian Indonesia yang sempat dilontarkan Presiden Joko Widodo. Ketiga kunci perekonomian itu meliputi hilirisasi industri, ekonomi hijau, dan ekonomi digital. “Ketiga itu kalau digabung dan kompak semua merespon, ekonomi kita luar biasa,” ungkap Kang Emil.

“Sekarang saja G20 yang akan ada di Bali kan kita ranking 16. Tiga rumus ini kalau dipakai, kita bisa ranking 10 dalam 10 tahun ke depan,” imbuhnya. Di tengah potensi itu, Kang Emil meminta bank bjb mengambil posisi strategis. Peran serta bank bjb bisa diejawantahkan dengan strategi riil dalam membaca ceruk pasar. “BJB harus ikutan dalam narasi besar itu. Jadi kredit yang tadinya di zona-zona yang biasa-biasa saja, geserlah ke zona-zona yang tiga tadi, kira-kira begitu,” ujar mantan Walikota Bandung itu.  Meski demikian Kang Emil tetap mengingatkan bank bjb menjalankan tugas selayaknya Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). (bp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!