Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

SELEBRITIS

Beda Nasib di Pemilu 2024 Anang dan KD dengan Ahmad Dhani dan Mulan Jameela

PASANGAN SELEB: Ahmad Dhani dan Mulan Jameela, Pasangan Seleb yang Lolos Melenggang ke Senayan

 

JAKARTA Balipolitika.com- Puluhan artis maju jadi Caleg DPR RI di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 atau Pemilu 2024. Dari jumlah tersebut, hanya beberapa Caleg artis yang lolos jadi anggota DPR. Sementara puluhan lainnya gagal melenggang ke Senayan. Caleg artis lolos diantaranya pasangan suami istri Ahmad Dhani dan Mulan Jameela. Sementara gagal lolos diantaranya mantan pasangan suami istri, Anang Hermansyah dan Krisdayanti. Penyanyi Krisdayanti dan musisi Anang Hermansyah diprediksi tidak akan lolos menjadi anggota DPR dari hasil Pemilu 2024.

Dahulu keduanya pernah menjadi anggota DPR RI. Krisdayanti menjabat sebagai anggota DPR dapil Jawa Timur 5 sejak 2019 untuk masa jabatan hingga 2024 ini. Anang lebih dahulu memegang jabatan anggota DPR, yakni pada 2014 sampai 2019 untuk dapil Jawa Timur 4. Pada 2024 mereka kembali mencoba peruntungan, Krisdayanti di dapil yang sama sementara Anang ke dapil Jawa Barat 5. Namun keduanya terancam tidak lolos ke Senayan,

Berikut selengkapnya perolehan suara Ahmad Dhani, Mulan Jameela, Anang Hermansyah, dan Krisdayanti:

Ahmad Dhani

Pentolan grup band Dewa 19, Ahmad Dhani, meraih kursi DPR RI di atas kertas berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara tingkat nasional untuk Provinsi Jawa Timur di kantor KPU RI, Rabu, 13 Maret 2024. Hasil rekapitulasi untuk daerah pemilihan (dapil) Jawa Timur I, Partai Gerindra mengoleksi suara terbanyak di antar partai politik lainnya dengan jumlah 543.677 coblosan. Merujuk metode konversi Saint Lague yang digunakan untuk pileg di Indonesia, Gerindra berhak atas 2 kursi DPR RI di dapil ini. Dua kursi itu otomatis jatuh ke dua caleg dengan suara terbanyak di dapil Jatim I yang meliputi Kota Surabaya dan Sidoarjo. Mereka adalah Bambang Haryo (nomor urut 1) yang sukses mendapatkan 190.741 suara dan Ahmad Dhani (nomor urut 2) yang berhasil mengantongi 134.227 suara.

Mulan Jameela

Mulan Jameela dikabarkan lolos menjadi anggota DPR RI setelah memperoleh banyak suara dalam Pemilu 2024. Mulan Jameela yang terdaftar sebagai Caleg DPR RI dari Partai Gerindra dengan Dapil Jawa Barat XI dengan 39.437 suara. Mulan Jameela begitu bersyukur saat mendapatkan kabar dirinya akan lolos ke Senayan, bersama dengan sang suami, Ahmad Dhani. “Ya alhamdulillah semua kan kembali lagi kita kan manusia cuma berusaha dan semaksimal mungkin kalau Allah tidak ridha, tidak memberikan mengamini atau mengiyakan, tidak akan terjadi kan karena semua karena Allah,” kata Mulan Jameela ketika ditemui di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Mulan pun tak mau sombong. Ia masih menunggu penetapan dari KPU RI hingga pelantikan dirinya resmi sebagai anggota DPR RI. “Kami cuma bisa bilang mudah-mudahan kami bisa amanah,” ucap wanita berusia 44 tahun itu. Akan tetapi, Mulan pun tak mungkin bisa ditempatkan dalam Komisi yang bersamaan dengan sang suami, Dhani karena ada aturan main dalam DPR RI. “Kalau beda komisi, jadwal rapatnya beda, kunjungan kerjanya beda. Paling kami akan bertemu dalam rapat Paripurna yang dihadiri oleh semua anggota DPR RI,” jelasnya.

Mulan tak menampik sudah melakukan diskusi dengan Dhani, setelah kabar mereka berdua lolos ke Senayan menjadi anggota DPR RI. Diskusi yang dilakukan diakui Mulan Jameela banyak hal, baik soal kinerja sebagai Wakil Rakyat hingga kondisi keluarga mereka yang tentu akan banyak meninggalkan anak-anak. “Insyaallah. Ya aku juga selama ini sesibuk apapun keluarga harus tetap kami jaga karena kita keluar rumah juga cari rezeki keluarga,” ujarĀ MulanĀ Jameela.

3. Anang Hermansyah

Anang Hermansyah bergabung di PDIP. Jatah kursi di dapil Jawa Barat 5 ialah sembilan kursi. PDIP diperkirakan kebagian jatah satu kursi. Per 19 Februari lalu perolehan suara sementara Anang masih 16.722 suara. Hasil ini kalah dari caleg Adian Napitupulu dan Indah Pertiwi Nataprawira yang juga dari PDIP. Oleh karena itu, Anang bukan caleg utama untuk menempati jatah kursi yang didapat partainya.

4. Krisdayanti

Krisdayanti merupakan caleg wakil Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Dapil Jawa Timur 5 menawarkan delapan kursi. PDIP kemungkinan besar mendapat satu jatah kursi. Akan tetapi, Krisdayanti harus berlapang dada walaupun perolehan suaranya mencapai 70.111. Sebab, rekan satu partainya di dapil itu ada yang memiliki jumlah suara paling tinggi, yakni Dr. Ahmad Basarah dengan total 89.769 suara. Perolehan suara Krisdayanti berada di urutan ketiga tertinggi PDIP dalam dapil itu. (dp)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!