Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pendidikan

Peka Gempa, 8 Dosen FKP Unud Ikuti Sertifikasi Sistem Informasi Geografis

SDM ANDALAN: Datangkan asesor dari LSP Geospasial, Dosen Prodi IKL FKP Universitas Udayana fokus mengikuti sertifikasi penggunaan Sistem Informasi Geografis untuk menunjang IKU 3. 

 

DENPASAR, Balipolitika.comDunia Usaha dan Dunia Industri alias DUDI menuntut keahlian untuk menunjang pekerjaan yang salah satunya ditandai dengan kepemilikan sertifikat keahlian.

DUDI juga menjadi bukti yang valid dari penggunaan aspek keahlian tersebut.

Dalam rangka meningkatkan jumlah dosen yang memiliki sertifikat yang diakui DUDI sebagaimana tercantum dalam dokumen Indikator Kinerja Utama (IKU), Program Studi Ilmu Kelautan (IKL), Fakultas Kelautan dan Perikanan (FKP) Unud melaksanakan sertifikasi Sistem Informasi Geografis (SIG) selama 4 hari pada 31 Oktober 2022 hingga 3 November 2022 di Ruang Sidang LPPM, Universitas Udayana.

Kegiatan sertifikasi ini merupakan salah satu aktivitas yang diusulkan dalam kompetisi Proposal Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) yang dimenangkan oleh Program Studi IKL FKP Unud. 

Adapun 8 dosen IKL FKP Unud yang mengikuti sertifikasi SIG ini adalah I Nyoman Giri Putra, S.Pd, M.SI, Putu Satya Pratama Atmaja, S.Kel, M.Si, Gede Surya Indrawan, S.Si, M.Si, dan Dr. Dwi Budi Wiyanto, S.Kel, MP yang disertifikasi pada level operator.

I Wayan Gde Astawa Karang, S.Si, M.Si, Ph.D, Dr. Eng, I Dewa Nyoman Nurweda Putra, S.Si, M.Si, dan Abd. Rahman As’Syakur, S.P, M.Si, Ph.D diuji sertifikasi pada level analis, dan Gede Yogi Darmendra, S.Si, M.Sc disertifikasi pada level Ahli Muda. 

Sertifikasi dilakukan dengan kombinasi teori yang diberikan seperti Geoprocessing, Georeferencing, pembuatan layout peta, hingga melakukan analisis file untuk mendapatkan data yang diinginkan.

Sedangkan, untuk praktek, langsung dilaksanakan secara mandiri menggunakan software yang diinstal pada perangkat masing-masing

Pengaplikasian SIG menjadi metode yang banyak digunakan pada bidang kelautan, terutama untuk analisis perubahan garis pantai, melihat kapasitas sepadan pantai, menganalisis efek radius gempa bawah laut, merancang kawasan konservasi, dan sejenisnya.

Peserta sertifikasi menjalani kegiatan tersebut dengan antusiasme tinggi karena fungsi dan manfaat yang didapatkan dari keahlian SIG tersebut sangat penting untuk mempermudah pengambilan keputusan, terutama pada bidang kelautan dan perikanan.

Diharapkan ada peningkatan capian IKU 3, pada jumlah dosen dengan sertifikat keahlian yang diakui pada DUDI bidang kelautan dan perikanan. (bp/Unud.ac.id)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!