Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pendidikan

Sapi dan Babi di Babahan Tabanan Kawin Tanpa Pejantan

INSEMINASI BUATAN FAPET UNUD: Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM-KM) Fakultas Peternakan Universitas Udayana menggelar acara sosialisasi reproduksi ternak dan inseminasi buatan pada ternak sapi dan babi, bertempat di Desa Babahan, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, Minggu, 6 November 2022.

 

TABANAN, Balipolitika.com- Badan Eksekutif Mahasiswa, Keluarga Mahasiswa (BEM-KM), Fakultas Peternakan, Universitas Udayana menggelar acara sosialisasi reproduksi ternak dan inseminasi buatan pada ternak sapi dan babi, bertempat di Desa Babahan, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, Minggu, 6 November 2022.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari program Desa Dampingan Fapet 2022 dan sosialisasi Penyakit Mulut dan Kuku bertema “Bhakti Mahasiswa dalam Implementasikan Ilmu dan Teknologi Peternakan untuk Mendukung Perkembangan Desa Babahan”.

Kegiatan ini menghadirkan 1 orang pembicara, yakni Dr.Ir. Ni Luh Gde Sumardani, S.Pt., M’Si dan Inseminator I Ketut Gede JaYa Ada S, S.Pt..

Pada penyampaian materi Dr.Ir. Ni Luh Gde Sumardani, S.Pt., M’Si yang juga merupakan dosen Fapet Unud menjelaskan topik berjudul Reproduksi Ternak Sapi dan Babi.

Narasumber menjabarkan pengetahuan tentang reproduksi ternak secara umum yang akan memudahkan peternak dalam meningkatkan efisiensi reproduksi ternak, khususnya dalam pembibitan.

Sesi kedua I Ketut Gede JaYa Ada S, S.Pt. selaku inseminator memaparkan tentang Inseminasi Buatan Ternak Sapi dan Babi.

Penunjang keberhasilan inseminasi buatan, antara lain pengetahuan peternak terkait reproduksi ternak, kualitas semen pejantan yang digunakan, kondisi induk yang akan diinseminasi, dan keterampilan inseminator. (bp/Unud.ac.id)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!