Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pendidikan

Sakura Raih Generasi Unggul di Bidang Bahasa Jepang!

MEMBANGGAKAN: Ni Made Yunia Wulandari (kelas XI MIPA 1) raih prestasi pada perlombaan Bahasa Jepang tingkat SMA ke-2 yang diadakan oleh Japan Foundation Jakarta. 

 

BADUNG, Balipolitika.com- Siswa SMA Negeri 1 Kuta Utara (Sakura) berjaya di event lomba Bahasa Jepang yang bertempat di SMA Negeri 1 Mengwi.

“Dengan semangat kita meraih prestasi, kita bisa mengharumkan nama SMA Negeri 1 Kuta Utara,” ucap Yunia Wulandari.

Japan Foundation, didirikan di Jakarta pada tahun 1974 dengan tujuan membangun persahabatan yang harmonis antara Indonesia dengan Jepang melalui pendalaman pemahaman tentang Jepang dengan program yang telah ditetapkan oleh kantor pusat di Tokyo.

Dengan mengusung tema “Ini Caraku Pakai Bahasa Jepang” dalam presentasi Bahasa Jepang ke-2 SMA/SMK sederajat, Yunia membawakan judul “Bahasa Jepang sebagai Bekal Masa depan” atau 将来への備えとしての日本語.

Kesiapan selama menjelang perlombaan sudah Yunia lakukan dengan penuh antusias pada awal Januari, dimana untuk Provinsi Bali dan NTB mengadakan seleksi tingkat kabupaten dan provinsi untuk bisa lanjut pada tingkat nasional. Seleksi secara offline dilakukan di SMA 1 Mengwi dengan hasil SMA Negeri 1 Kuta Utara meraih juara 1, untuk juara 2, dan 3 diraih oleh SMA Negeri 1 Mengwi. Yunia melakukan seleksi secara offline pada 11 Januari 2023, kemudian dilanjutkan secara online dengan zoom meeting pada 21 Januari 2023 dan berhasil meraih juara 3. Namun sayangnya, Bali hanya mengirim 1 perwakilan untuk lanjut ke tingkat nasional.

Didampingi oleh Ni Nyoman Alit Putri Wardani,S.S, Ni Made Rai Anna Pebriyanti, S.S, dan Tamaki Hanako dalam proses persiapan lomba, Yunia mampu menghadapi kegugupannya dikarenakan materi dan pesiapan oleh pembimbing sangat matang. Pembimbing juga memberikan motivasi kepada Yunia untuk lebih percaya diri menghadapi tantangan perlombaan.

“Walau saya tidak naik ke tingkat nasional, saya sangat bersyukur karena sudah dibina bahkan didukung sebelum perlombaan dan senang dengan pencapaian saya hingga kini,” ucap Yunia.

Informasi seputar perlombaan Bahasa Jepang bisa kita dapatkan pada media sosial seperti Instagram dengan tagar perlombaan Bahasa Jepang atau mencari di akun Japan Foundation, Jakarta (@jf_jakarta) untuk lebih lanjut jika kalian ingin menyalurkan hobi dan minat di Bahasa Jepang bisa mengikuti Sakura Japan club. (angeline, joice, widia- JCO).

 

 

 

 

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!