Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Hukum & Kriminal

Arya Wedakarna Tak Temui Demo Ribuan Warga Bugbug, Ajudan Sebut Rapat dengan Menteri

TAK TEMUI RAKYAT: Iring-iringan ribuan warga Desa Adat Bugbug yang menggelar aksi damai dengan titik kumpul di Parkir Timur Lapangan Renon menuju Kantor DPD RI Perwakilan Bali, Jalan Cok Agung Tresna, Renon, Denpasar, Rabu, 20 September 2023

 

DENPASAR, Balipolitika.com- 40 orang perwakilan ribuan warga Desa Adat Bugbug yang menggelar aksi damai dengan titik kumpul di Parkir Timur Lapangan Renon menuju Kantor DPD RI Perwakilan Bali, Jalan Cok Agung Tresna, Renon, Denpasar, Rabu, 20 September 2023 diterima Kepala Kantor Sekretariat Jenderal DPD RI Provinsi Bali, Putu Rio Rahdiana S. S.TP.

Putu Rio Rahdiana mengaku mendapatkan arahan dari AWK terkait kehadiran ribuan masyarakat Desa Adat Bugbug ke Kantor Sekretariat Jenderal DPD RI Provinsi Bali. 

“Posisi Pak Arya Wedakarna sekarang sedang berada di luar daerah karena ada kegiatan perjalanan ke Jawa Tengah. Beliau mengarahkan saya untuk menerima Sameton sareng sami yang akan menyampaikan klarifikasi terkait kejadian di Desa Bugbug,” terangnya. 

Penegasan bahwa AWK tidak menerima perwakilan masyarakat Desa Adat Bugbug ini didukung oleh salah seorang stafnya. 

“Pertama-tama saya menyampaikan permakluman di mana sejatinya hari ini (Rabu, 21 September 2023, red) Ajik bisa hadir di sini dan mendengarkan aspirasi dari Semeton sinamian. Jadi saya mau menyampaikan permohonan maaf, kebetulan saat ini anggota DPD RI sedang melaksanakan kegiatan atau sekarang sedang masa sidang di ibu kota negara (Senayan, red). Jadi semua anggota DPR mencakup itu DPD sedang melaksanakan kegiatan di ibu kota negara. Kebetulan Ajik (Arya Wedakarna, red) kemarin wenten mengadakan rapat dengan menteri. Selanjutnya Beliau akan ada kunjungan kerja ke Jawa Tengah terkait pengawasan undang-undang tentang administrasi pemerintahan. Jadi tiang menyampaikan permohonan maklum sekiranya, karena kami juga sudah berkomunikasi sekiranya kalau memang bisa di-reschedule harapan kami dari Ajik bisa menerima apa yang menjadi penyampaian dari Semeton yang ada di Desa Adat Bugbug, tetapi tetap katanya melaksanakan penyampaian aspirasi pada hari ini (Rabu, 21 September 2023, red) sehingga yang menerima adalah dari kepala kantor dan juga kami selaku dari staf Ajik Arya Wedakarna,” ungkap sang staf. 

“Jadi apa yang Semeton lakukan pada saat ini kita sebagai negara demokrasi adalah memang benar, memang patut dan apa yang Semeton lakukan saat ini adalah sesuai dengan prosedur kita sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia atau negara hukum. Jadi apa yang nanti Semeton sampaikan kepada kami tentunya kami akan tampung, kami akan catat, dan nanti akan kami sampaikan kepada Beliau. Jadi dapat saya sampaikan memang benar dari Ajik sempat menerima masyarakat yang ada di Bugbug bertempat di The Soekarno Centre atau di Istana Mancawarna tanggal 16 (16 September 2023, red),” ulasnya. 

Staf Arya Wedakarna menambahkan selaku anggota DPD RI, sesuai amanat undang-undang, siapa pun yang akan menyampaikan aspirasi wajib hukumnya diterima dan ditindaklanjuti. 

“Jadi dari Semeton sekarang mau menyampaikan aspirasi sehingga nanti kami mendapatkan berita yang berimbang. Jadi secara dua pihak bisa kami dengarkan karena yang waktu niki yang kami dengarkan dari masyarakat yang dari satu pihak saja. Jadi kami mohon permakluman, tetapi intinya apa yang Semeton sampaikan, apa yang Semeton perjuangkan, astungkara akan kami sampaikan sekiranya nanti kalau ada hal-hal penting, kami akan datang atau kami akan undang, kami pasti akan sampaikan,” tutup staf Arya Wedakarna. 

Sebagaimana diketahui publik luas, warga Desa Adat Bugbug, Karangasem meminta klarifikasi AWK terkait statemennya tentang kasus pengerusakan dan pembakaran Resort Detiga Neano Bugbug, Karangasem pada Rabu, 30 Agustus 2023 yang sejauh ini menyeret 13 tersangka sesuai keterangan resmi Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol Jansen Avitus Panjaitan S.I.K., M.H. 

Perwakilan prajuru Desa Adat Bugbug, I Nengah Yasa Adi Susanto dalam orasinya sebelum ribuan warga bergerak ke Kantor DPD RI Perwakilan Bali menegaskan bahwa pembangunan Resort Detiga Neano Bugbug, Karangasem sudah sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. 

Jero Ong- sapaan akrab I Nengah Yasa Adi Susanto- menegaskan Desa Adat Bugbug mendukung Polda Bali mengembangkan proses penyidikan sampai aktor intelektual pengerusakan dan pembakaran Resort Detiga Neano Bugbug, Karangasem pada Rabu, 30 Agustus 2023 terungkap. (bp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!