Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pendidikan

Gung Rama Raditya Raih Juara II Speech Contest Alfa Prima Competition 2023

HEBAT – SMAN 1 Kuta Utara (Sakura) mengirimkan 1 perwakilan untuk lomba Speech Contest, yakni I Gusti Bagus Rama Raditya Mahardika (kelas X.5) yang berhasil meraih juara II, dan juga 1 perwakilan untuk lomba storytelling.

 

BADUNG,Balipolitika.com- “Jujur, saya belum pernah ikut lomba, ini pertama kalinya,” ungkap Gung Rama, panggilan akrab dari I Gusti Bagus Rama Raditya Mahardika.

Disamping pengalamannya yang minim, Gung Rama menuturkan bahwa persiapannya secara intens cukup singkat. “Saya tahu informasi lomba ini 1 bulan sebelum tanggal perlombaannya, mulai latihan secara intens 1 atau 2 minggu sebelum perlombaannya,” tutur Gung Rama.

Speech Contest adalah lomba penyajian secara lisan atau komunikasi kepada banyak orang atau sekelompok orang yang menggunakan bahasa Inggris.

Speech contest ini diselenggarakan oleh Alfa Prima, pada Sabtu,13 Mei 2023 di Kampus Alfa Prima secara offline tingkat SMA se-Bali dan untuk tahun ini mengusung tema “Pendidikan”. Peserta lomba tidak hanya berasal dari Denpasar, tetapi juga Ubud, dan Karangasem.

Keberhasilan Gung Rama tak lepas dari bimbingan Drs. I Made Rai Mukiatna, pembina extrakurikuler English Club di Sakura.

Walaupun sempat mengalami kesulitan karena ini adalah lomba pertamanya, tidak menghentikannya dalam mempelajari penyusunan teks, dimana peraturannya tidak boleh ada unsur plagiarisme dari sumber manapun, dan tidak diperbolehkan menggunakan teks yang sudah pernah diperlombakan sebelumnya.

Tidak menyangka dirinya dapat meraih juara, ia bangga karena semua perjuangan singkatnya terbayarkan, “Pertama kali disebutkan namanya awalnya kaget, lalu merasa bangga karena bisa meraih prestasi dibidang yang saya kuasai,” lanjutnya.

“Dicoba dulu, jangan ragu terhadap kemampuan kalian, kita tidak akan pernah tahu seberapa kemampuan kita sebelum mencoba. Tidak perlu prestasi untuk mencoba, tapi tentu harus mencoba untuk meraih prestasi itu. Belum memiliki pengalaman sama sekali, namun itu tidak jadi penghalang untuk mengikuti lomba,” pesan Gung Rama pada teman-teman yang akan mengikuti lomba serupa.

Untuk informasi seputar perlombaan bahasa Inggris seperti storytelling, speech contest, news anchor dan juga, jika ingin menyalurkan hobi dan minat di bidang Bahasa Inggris bisa mengikuti extrakurikuler English Club juga bisa dilihat Instagram @ec_sakura (angeline,sukma-JCo).

 

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!