Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Ekbis

Denpasar Bebas Sampah, 3 TPST Aktif Mulai Juni 2023

BEBAS SAMPAH: Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara dampingi Dirjen Bina Pembangunan Daerah, Kementerian Dalam Negeri, Restuardy Daud tinjau operasional Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Kesiman Kertalangu Kota Denpasar, Selasa, 23 Mei 2023. 

 

DENPASAR, Balipolitika.com- Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara dampingi kunjungan kerja Dirjen Bina Pembangunan Daerah, Kementerian Dalam Negeri, Restuardy Daud dalam rangka meninjau operasional Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Kesiman Kertalangu Kota Denpasar, Selasa, 23 Mei 2023.

Kunjungan kerja itu digelar dalam rangka memastikan operasional TPST berjalan lancar serta meningkatkan tata kelola persampahan sehingga mendukung optimalisasi penanganan sampah oleh pemerintah daerah. 

Restuardy Daud menjelaskan pihaknya mengidentifikasi dan mengevaluasi uji coba di TPST Kesiman Kertalangu sehingga ke depan menjadi dasar pengoperasian TPST 100 persen.

“Meninjau dan meningkatkan pemahamanan tata kelola persampahan oleh pemerintah daerah, sehingga nantinya segara dapat dioperasikan secara optimal,” ujarnya.

Restuardy Daud berharap pada Juni 2023, 3 TPST yakni TPST Tahura Suwung, TPST Padangsambian Kaja, dan TPST Kesiman Kertalangu beroperasi 100 persen.

Jaya Negara mengatakan pembangunan 3 TPST di Denpasar merupakan wujud komitmen pemerintah daerah dalam penanganan sampah.

Pihak pun optimis operasional 3 TPST akan menjawab permasalahan sampah dengan optimal. Termasuk juga dukungan dari TPS3R serta bank sampah di desa/kelurahan. 

“Tentu kami berharap nanti dengan beroperasinya TPST di Kota Denpasar mampu mendukung optimalisasi penanganan sampah di Kota Denpasar,” jelasnya.

Direktur Operasional Bali CMPP, Andrean Raditha mengatakan, saat ini TPST yang ada di Kota Denpasar secara bertahap operasionalnya terus ditingkatkan. 

Hal ini sembari mengidentifikasi masalah yang timbul dalam pelaksanaannya. Termasuk juga mengevaluasi pola, proses pengolahan hingga penambahan mesin. 

“Hari ini bisa dikatakan kita di atas uji coba, persiapan menuju operasional penuh di bulan Juni 2023, saat ini kapasitasnya di TPST Kesiman Kertalangu mencapai 270 ton/hari, bergerak menuju 450 ton/hari,” ujarnya. (bp).

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!