Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pendidikan

Luh Oliva Saraswati Suastika Raih Gelar S3 FK Unud

GELAR AKADEMIK: Ujian Promosi Doktor dengan kandidat promovenda dr. Luh Oliva Saraswati Suastika, Sp.JP(K), FIHA., dengan judul disertasi “Perbedaan Kadar HS-Troponin I, Galectin-3, dan Cartilage Intermediate Layer Protein-1 Serum pada Pasien Gagal Jantung dengan Fraksi Ejeksi Menurun dengan Diabetes Mellitus Tipe 2 Dibandingkan Tanpa Diabetes Mellitus Tipe 2.” 9 Mei 2023.

 

DENPASAR, Balipolitika.com- Bertempat di ruang dr. A.A. Made Djelantik Lt IV, Gedung FK Unud Denpasar, telah berlangsung ujian Promosi Doktor dengan kandidat promovenda dr. Luh Oliva Saraswati Suastika, Sp.JP(K), FIHA., dengan judul disertasi “Perbedaan Kadar HS-Troponin I, Galectin-3, dan Cartilage Intermediate Layer Protein-1 Serum pada Pasien Gagal Jantung dengan Fraksi Ejeksi Menurun dengan Diabetes Mellitus Tipe 2 Dibandingkan Tanpa Diabetes Mellitus Tipe 2.” 9 Mei 2023.

Pada gagal jantung dengan fraksi ejeksi menurun atau heart failure with reduced ejection fraction (HFrEF) terjadi kematian kardiomiosit dan fibrosis miokard yang menyebabkan penurunan left ventricular ejection fraction (LVEF). Diabetes mellitus tipe 2 (DMT2) diduga memperburuk kematian kardiomiosit dan fibrosis miokard, ditandai dengan perubahan kadar high sensitive (hs)-troponin I, galectin-3 dan cartilage intermediate layer protein-1 (CILP-1) di sirkulasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kadar hs-troponin I, galectin-3 dan CILP-1 serum pada pasien HFrEF dengan dan tanpa DMT2; serta pengaruh DMT2 terhadap perubahan LVEF melalui ketiga biomarka tersebut pada pasien HFrEF.

Penelitian ini melibatkan total 80 pasien HFrEF (43 subyek dengan DMT2 dan 37 subyek tanpa DMT2) yang berkunjung ke Poliklinik Jantung Rumah Sakit Prof. I.G.N.G. Ngoerah, Denpasar, Bali. Kadar galectin-3, CILP-1 dan NT-proBNP diperiksa menggunakan enzyme-linked immunosorbent assay (ELISA), kadar hs-troponin I diperiksa dengan Abbott automated assay. Pemeriksaan LVEF menggunakan mesin ekokardiografi Philips Epiq 7. Perbedaan kadar biomarka dianalisis dengan uji Mann-Whitney U dan uji pengaruh dengan partial least square-structured equation model (PLS-SEM).

Kadar hs-troponin I, galectin-3 dan CILP-1 tidak berbeda antara subyek dengan dan tanpa DMT2. Diabetes mellitus tipe 2 berpengaruh langsung terhadap NT-proBNP. Sedangkan, NT-proBNP berpengaruh langsung terhadap galectin-3 dan CILP-1, serta berpengaruh tidak langsung terhadap CILP-1 melalui galectin-3. Baik DMT2 maupun NT-proBNP tidak berpengaruh terhadap hs-troponin I. Hs-troponin I dan CILP-1 memiliki pengaruh langsung terhadap LVEF. Pengaruh total DMT2 terhadap LVEF sangat lemah melalui NT-proBNP, galectin-3 dan CILP-1.

Pada HFrEF, tidak ada perbedaan kadar hs-troponin I, galectin-3 dan CILP-1 antara pasien dengan dan tanpa DMT2. Namun DMT2 berpengaruh terhadap LVEF melalui NT-proBNP, galectin-3 dan CILP-1. Penelitian ini menunjukkan bahwa DMT2 tidak membuat kematian kardiomiosit dan fibrosis miokard yang lebih berat pada HFrEF, namun DMT2 berpengaruh terhadap fibrosis miokard dan fungsi sistolik ventrikel kiri melalui proses regangan miokard.

Ujian dipimpin oleh Dekan FK Unud, Dr. dr. Komang Januartha Putra Pinatih, M.Kes., dengan tim penguji :

1. Prof. Dr. dr. I Gde Raka Widiana, Sp.PD-KGH) (Promotor)

2. Prof. Dr. dr. I Wayan Wita, Sp.JP (K) (Kopromotor I)

3. Prof. Dr. dr. Agung Pranoto, Sp.PD-KEMD.,FINASIM.,M.Sc (Kopromotor II)

4. Prof. Dr. dr. I Made Jawi, M.Kes

5. Prof. Dr. dr. Yudi Her Oktaviono, Sp.JP(K),MM

6. Prof. Dr. dr.A.A.Wiradewi Lestari, Sp.PK(K)

7. Dr. dr. Desak Made Wihandani, M.Kes

8. Dr. dr. Dyah Kanya Wati, Sp.A (K)

9. Dr. rer. nat. dr. Ni Nyoman Ayu Dewi, M.Si

10. dr. Ni Nengah Dwi Fatmawati, S.Ked., Sp.MK(K).,Ph.D

 

Sedangkan undangan akademik terdiri atas

1. Dr. dr. Luh Made Mas Rusyati, Sp.KK(K)

2. Dr. dr. Yenny Kandarini, Sp.PD-KGH(K)

3. Dr. dr. Ni Wayan Winarti, S.Ked.,Sp.PA

4. Dr. dr. I Wayan Eka Sutyawan, Sp. M(K)

5. Dr. dr. I Made Pande Dwipayana, Sp.PD-KEMD, FINASIM

Pada ujian kali ini Dr. dr. Luh Oliva Saraswati Suastika, Sp.JP(K),FIHA dinyatakan lulus sebagai Doktor Lulusan ke- 377 Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Udayana dengan predikat Cumlaude. (bp/Unud.ac.id)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!