Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pendidikan

FK Unud Edukasi Bahaya Cyber Bullying di SMPN 4 Kediri Tabanan

NIGHTINGALE XVII 2023: 40 siswa SMP Negeri 4 Kediri diedukasi bahaya cyber bullying oleh mahasiswa Program Studi Sarjana Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners (PSSIKPN) Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.

 

TABANAN, Balipolitika.com Permasalahan kesehatan mental di kalangan remaja, khususnya siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) merupakan hal salah satu permasalahan di masyarakat saat ini.

Salah satu pemicu memburuknya kesehatan mental remaja adalah media sosial.

Di zaman modern yang serba digital ini tentu para remaja tidak asing lagi dengan media sosial. Penggunaan yang tidak terkontrol dapat menimbulkan penyalahgunaan media sosial, contohnya adalah cyber bullying.

Cyber bullying merupakan penyalahgunaan internet untuk melecehkan, mengancam, mempermalukan, dan mengejek orang lain.

Guna mencegah dampak buruk cyber bullying, Himpunan Mahasiswa Ilmu Keperawatan (HMIK) memberikan edukasi mengenai pentingnya pembelaan diri dan tahu bagaimana sikap untuk menghadapi cyber bullying, agar para siswa dan siswi terhindar dari penyakit mental maupun pengaruh pada fisik, sosial, dan prestasinya.

Kegiatan edukasi ini diikuti 40 siswa SMP Negeri 4 Kediri dan dosen serta staf pegawai Program Studi Sarjana Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners (PSSIKPN) Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.

Dibuka secara resmi oleh Koordinator PSSIKPN FK Unud, Dr. Ns. Ni Ketut Guru Prapti, S.Kep., MNS., acara ini menghadirkan narasumber yaitu, Dr. Ns. Ni Made Dian Sulistiowati, S.Kep., M.Kep., Sp.Kep.J.

Kegiatan pengabdian ini diselenggarakan dalam bentuk edukasi dan pembuatan majalah dinding mengenai cyber bullying dan pengaruhnya pada kesehatan mental.

Adapun kegiatan tambahan dari pengabdian ini yaitu pengukuran tekanan darah dan glukosa darah sewaktu kepada guru SMP. Dan diakhir kegiatan terdapat penyerahan sumbangan berupa alat-alat kebersihan untuk sekolah.

Kegiatan ini juga diharapkan dapat bermanfaat bagi siswa serta mahasiswa mampu agar menerapkan ilmu yang sudah didapat di Program Studi Sarjana Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners Fakultas Kedokteran Universitas Udayana mengenai pengaruh cyber bullying terhadap kesehatan mental. (bp/Unud.ac.id)

Berita Terkait

Back to top button

Konten dilindungi!