Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

Pemerintahan

Atasi Macet, Koster Wacanakan 3 Hektar Tanah Pemprov untuk Parkir Pelabuhan Sanur

SOLUSI MENDESAK: Gubernur Bali Wayan Koster didampingi Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara tinjau operasional Pelabuhan Sanur, Sabtu, 5 Mei 2023.

 

DENPASAR, Balipolitika.comMacet parah ekses operasional Pelabuhan Sanur yang dikeluhkan banyak pihak menjadi fokus Pemerintah Provinsi Bali dan Pemerintah Kota Denpasar.

Sabtu pagi, 6 Mei 2023, Gubernur Bali Wayan Koster didampingi Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara tinjau operasional Pelabuhan Sanur bersama Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bali, IGW Samsi Gunarta, Kepala Dinas PUPR, Nusakti Yasa Weda, Kepala Wilayah Kerja Sanur Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas (KSOP) Kelas II Benoa, I Ketut Suratnata, Bendesa Adat Sanur Kaja, dan Bendesa Adat Kesiman.

Koster melihat langsung antusias masyarakat dan wisatawan yang memanfaatkan Pelabuhan Sanur sebagai infrastruktur laut terintegrasi menuju Pulau Nusa Penida, Pulau Nusa Ceningan, dan Pulau Nusa Lembongan.

Ia juga mengecek manajemen pengelolaan Pelabuhan Sanur demi terwujudnya rasa aman dan nyaman bagi masyarakat hingga wisatawan.

Sikapi berbagai pelayanan di Pelabuhan Sanur, Koster menyampaikan bahwa Pemprov Bali bersama Pemkot Denpasar, Manajemen Pelabuhan Sanur dan semua agen di Pelabuhan Sanur akan segera melakukan rapat koordinasi.

Ada sejumlah poin penting yang akan dibahas, yakni sirkulasi keberangkatan dan kedatangan penumpang, akses kendaraan, pelayanan parkir, dan harga tiket ke Nusa Penida.

“Untuk kantong parkir, saya telah meminta Dinas PUPR Provinsi Bali untuk menghitung kebutuhan anggaran pembangunan tempat parkir, supaya bisa dianggarkan dalam anggaran perubahan tahun 2023 ini, karena lahan yang akan dimanfaatkan sebagai tempat parkir rencananya tanah milik Pemerintah Provinsi Bali yang luasnya mencapai sekitar 3 hektar,” tegas Gubernur Bali jebolan ITB ini saat diwawancarai awak media.

Di sisi lain, Kepala Wilayah Kerja Sanur Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas (KSOP) Kelas II Benoa, I Ketut Suratnata melaporkan sejak rampungnya Pelabuhan Sanur, masyarakat dan wisatawan ke Pulau Nusa Penida terus mengalami peningkatan kunjungan.

“Ratarata per harinya Pelabuhan Sanur melayani penumpang sampai 5.200 orang lebih, kepadatan penumpang terjadi saat pagi hari yang rata-rata mencapai 2.000 sampai 3.000 orang lebih,” jelas Suratnata. (bp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!