Informasi: Rubrik Sastra Balipolitika menerima kiriman puisi, cerpen, esai, dan ulasan seni rupa. Karya terpilih (puisi) akan dibukukan tiap tahun. Kirim karya Anda ke [email protected].

ADAT DAN BUDAYA

2.145 Seniman Siap Meriahkan Hari Tari Sedunia di Denpasar

HARI TARI SEDUNIA: Naluriku Menari (NAME) dalam rangka memperingati Hari Tari Sedunia tahun 2022 lalu.

 

DENPASAR, Balipolitika.com- Pemkot Denpasar dan Komunitas Naluri Manca siap menggelar event bertajuk Naluriku Menari (NAME) dalam rangka memperingati Hari Tari Sedunia, Sabtu, 29 April 2023. 

Wakil Wali Kota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa, Sekda Ida Bagus Alit Wiradana, Ketua Bekraf I Putu Yuliarta, Kadis Pariwisata Denpasar, MA Dezire Mulyani bersama perwakilan Naluri Manca, IB Eka Harista membahas NAME yang ditujukan kepada pelaku seni tari dari berbagai genre.

Fokusnya menitikberatkan pada ruang kreativitas dan eksplorasi dengan memberikan kesempatan tampil sebagai pengisi acara.  

Eka Harista menjelaskan NAME di tahun ke-2 mengambil tema “Menari Mengalir Seperti Air, Cipta Akan Peradaban” yang menggambarkan ekspresi jiwa berbagai kalangan seni tari yang diwujudkan dalam ruang alamiah dengan merespons situasi sekitar. Melibatkan 2.145 penari; meningkat dari tahun sebelumnya.

“Melalui tema ini dihadirkan sebuah kebebasan berekspresi dalam menari serta lintas pengetahuan yang selalu membaluti proses kegiatan menjadi sebuah pondasi yang komunikatif,” ujarnya dalam Gathering Komunitas Kreatif serangkaian Naluriku Menari di Dharma Negara Alaya Denpasar.

Wali Kota Arya Wibawa menegaskan dukungan NAME di tahun kedua pelaksanaannya.

“Yang kami harapkan terus berkembang dan menjadi wahana kolaborasi para seniman tari dari berbagai kalangan,” ujarnya.

Ditambahkan NAME merupakan implementasi nyata Kota Kreatif Berbasis Budaya Menuju Denpasar Maju sekaligus merupakan implementasi spirit Vasudhaiva Kutumbakam dengan semangat gotong royong bersama bersinergi untuk kemajuan Denpasar.

Tak hanya itu, kegiatan ini juga diharapkan mampu membangkitkan ekosistem seni daerah serta menciptakan ruang publikasi budaya dan kearifan lokal sebagai identitas melalui perayaan Hari Tari Sedunia. 

Eka Harista menargetkan, Naluriku Menari Tahun 2023 ini diharapkan mampu merangkul pelaku seni dan maestro seni dari berbagai kabupaten/kota di Bali atau lokal, nasional dan internasional.

Tak hanya itu, berbagai komunitas, sanggar, pelajar dan perwakilan negara sahabat juga turut terlibat. Bahkan, dalam pelaksanaannya juga diramaikan dengan stand UMKM Denpasar. 

“Kegiatan ini akan dikemas dengan berbagai segmen, mulai dari tari kolosal, workshop, pementasan dan berbagai macam karya, termasuk menghadirkan maestro dengan jumlah yang terlibat mencapai 2.145 orang, ini meningkat dari tahun sebelumnya,” jelasnya.

“Ini kita gotong royong, sehingga peserta terus bertambah, dan tahun ini pelaksanaannya lebih luas cakupannya yang dikemas di kawasan Taman Kota Lumintang, Youth Park, Amphiteater dan Dharma Negara Alaya, mari kita sukseskan bersama Naluriku Menari dalam memperingati Hari Tari Sedunia di Kota Denpasar,” ajak Arya Wibawa. (bp)

Berita Terkait

Baca Juga
Close
Back to top button

Konten dilindungi!